Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Pemudik Tahun Ini Naik 14 Persen 

Kompas.com - 19/06/2017, 15:48 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik tahun ini bakal meningkat dari Lebaran tahun sebelumnya. 

"Kita prediksi tahun ini akan meningkat 14 sampai 15 persen, " kata Staff Khusus Menteri Perhubungan Buyung Lalana di Bandung, Senin (19/6/2017). 

Dengan kondisi demikian, Kementerian Perhubungan menyiagakan seluruh staf pada saat arus mudik mulai terjadi. Artinya, tidak hanya petugas dan pegawai, para pejabat, staf ahli, staf khusus hingga pejabat tingkat eselon I bersiaga dan tidak cuti selama arus mudik dan arus balik. 

"Sesuai instruksi dari pak menteri, kami harus sedini mungkin tahu masalahnya. Untuk itu, kami terus lakukan koordinsi yang ketat, antara kabupaten dan kota. Nanti ketika pelaksanaan pun akan saling share informasi. Kita berharap tidak ada insiden," ucapnya. 

Salah satu kesiapsiagaan yang akan dilakukan tim gabungan Kemenhub dan instansi terkait lainnya adalah mengantisipasi kondisi gawat darurat apabila terjadi kemacetan parah di jalur mudik.   

"Kami sudah kerja sama dengan Basarnas. Basarnas akan menggunakan helikopter untuk memberikan bantuan disatu titik jika ada kondisi gawat darurat," kata dia.

Selain itu, para petugas gabungan juga diminta untuk mengantisipasi kehabisan bensin saat kemacetan panjang seperti yang terjadi di pintu keluaar tol Brebes Timur alias Brexit. 

"Jadi nanti Korlantas akan menggunakan motor jika ada mobil kehabisan bensin," sebutnya.

Baca juga: Ini Tips Ridwan Kamil untuk Pemudik

Kompas TV Kemenhub Lepas Rombongan Mudik Gratis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com