Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Albino Itu Masih Berjuang untuk Beradaptasi...

Kompas.com - 19/06/2017, 06:46 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Orangutan bulu putih bernama Alba masih berjuang untuk beradaptasi di Yayasan Borneo Orangutan Survival Nyaru Menteng di Bukitbaru, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Alba, begitula ia dinamai, mulai sering berlatih memanjat dan makan di pohon. Ia suka jalan-jalan di luar, serta membiasakan diri dengan sinar matahari

"Sengaja dilakukan oleh tim medis untuk mengetahui kemampuan memanjatnya jika kelak dilepasliarkan," ujar Monterado Friedman alias Agung, juru bicara BOS Nyaru Menteng, Minggu (18/6/2017).

Kondisi Alba terkini, sambung Agung, berat badannya hampir 16 kg. Naik cukup pesat dibanding pertama kali masuk yang hanya 8,7 kg. Gerakannya Alba pun kini semakin lincah.

(Baca juga: Inilah Nama Baru untuk Orangutan Albino dari Kalimantan)

Agung  mengungkapkan, kesehatan orangutan albino ini secara umum dinilai baik. Ia bebas hepatitis A, B, maupun C. Jantungnya dalam kondisi baik, begitupun paru-paru berfungsi normal. Secara umum, kondisinya tidak berbeda dengan orangutan pada umumnya.

"Kami masih menunggu hasil laboratorium," kata Agung.

Persoalan kesehatan, sambung Agung, hanya terdapat pada matanya. Alba sejak semula terdeksi kesulitan terkena cahaya terang secara langsung. Selain itu, Alba juga kurang awas atau masih kesulitan melihat benda yang agak jauh.

Akibatnya, Alba lebih banyak mengandalkan penciuman dan pendengaran. "Alba cukup jelas melihat sekitar jarak 5 meter," tuturnya.

(Baca juga: Menengok Sekolah Orangutan di Nyaru Menteng)

Sebelumnya, Alba diselamatkan Yayasan BOS dan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Kalteng dari tangan warga di Desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, 29 April 2017 lalu.

Penampilan satwa itu mengejutkan. Sebab, seluruh badannya pucat. Mulai dari bulunya yang putih, kulit pucat, hingga bermata biru. Alba merupakan orangutan betina berumur lima tahun dan masih menunjukkan sifat liar saat disita.

Agung menjelaskan, orangutan albino seperti Alba ini ini dianggap sangat langka. Begitu ditemukan, Alba langsung menempati Intensive Treathment Unit BOS selama masa karantinanya selesai.

Kompas TV Bayi Orangutan Berhasil Diselamatkan Petugas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com