Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Muatan Berlebih, Puluhan Penumpang DIturunkan dari Kapal

Kompas.com - 17/06/2017, 06:18 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Akibat melebihi muatan, petugas pelabuhan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara menurunkan sebagian penumpang dari atas kapal kayu penumpang. Kapal kayu penumpang tersebut mengangkut pemudik yang hendak berangkat menuju pulau Talaga Raya, Kebupaten Buton Tengah, Jumat (16/6/2017) malam.

“Ini karena sudah melampaui kapasitas angkut, daya angkutnya hanya 50 orang setelah di cek ulang, rupanya sampai 94 orang. Terpaksa 45 orang kita turunkan,” kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kota Baubau, Marlent Manurung, Jumat (16/6/2017).

Menurut Marlent, penurunan penumpang tersebut sudah sesuai dengan aturan dalam keselamatan pelayaran.

Selain penumpang, petugas pelabuhan bersama polisi KPPP pelabuhan Murhum Baubau, juga menurunkan beberapa motor yang telah berada diatas kapal kayu tersebut.

Petugas pelabuhan juga memeriksa perlengkapan keselamatan pelayaran seperti tabung pemadam, jaket pelampung, dan radio yang sesuai dengan standar keselamatan pelayaran.

“Ini semua sudah kita komitmen tidak boleh melanggar aturan dan tidak boleh mengabaikan keselamatan, karena gelombang laut yang cukup ekstrem. Saat ini ketinggian ombak masih 0,5 sampai 1 meter, kita tidak tahu ke depan, artinya semua persiapan-persiapan harus kita siapkan,” tuturnya.

Marlent menyebutkan, bila kapal tersebut tidak memenuhi syarat, maka kapal tersebut tidak akan diberangkatkan ke tempat tujuan.

“Pemeriksaan kapal ini akan terus lanjut, tidak hanya dalam momen ramadhan saja. Karena ini bagian daripada tugas dan fungsi keselamatan pelayaran,” ucap Marlent. 

Baca juga: Penumpang Kapal Dibatasi, Puluhan Pemudik Ditinggal di Pelabuhan

Kompas TV Pantau Aktivitas Penumpang, Dishub Pasang CCTV

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com