Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Arief Yahya: Banyuwangi Harus Punya Bandara Internasional

Kompas.com - 16/06/2017, 17:18 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap, Kabupaten Banyuwangi memiliki bandara internasional untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten yang berada di paling timur Pulau Jawa tersebut.

"Banyuwangi letaknya strategis karena dekat dengan Bali. Banyuwangi itu indah dan jika ingin menjadi destinsi wisata unggulan, Banyuwangi harus punya bandara internasional. Apalagi saat ini penumpang bandara di Banyuwangi mencapai 120.000 orang," ujar Arief di Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jumat (16/6/2017)

Saat ini, sambung Arief, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Banyuwangi mencapai 60.000 orang dan wisatawan nusantara sekitar 2 juta orang. Angka tersebut lebih besar dibanding kunjungan ke Belitung.

(Baca juga: NAM Air Layani Penerbangan Jakarta-Banyuwangi)

 

Namun untuk tahun 2017, bandara di Belitung sudah menjadi bandara Intenasional. "Jika Belitung bisa, saya yakin Banyuwangi juga bisa. Jadi pak Bupati jangan ragu-ragu lagi," jelasnya.

Arief mengatakan, jika bandara internasional dibangun di Banyuwangi maka jumlah wisatawan mancanegara yang datang ditargetkan bisa mencapai 100.000 orang di tahun 2019.

"Jika dihitung-hitung, maka devisa bisa mencapai Rp 1,5 triliun, jika satu wisatawan mancanegara menghabiskan uangnya 120 juta rupiah. Ini angka yang cukup besar," ungkapnya.

"Belum lagi dari wisatawan nusantara. Anggap satu wisatawan nusantara menghabiskan 1 juta rupiah sudah ada tambahan 1 triliun," jelasnya.

(Baca juga: Dukung Pariwisata, Sriwijaya Air Group Buka Rute Jakarta-Banyuwangi PP)

Ia mengatakan, jika ada pergerakan orang, maka akan ada pergerakan uang. Apalagi, pariwisata adalah industri yang paling mudah dan paling murah untuk meningkatkan pendapatan per kapita, menaikkan devisa, dan menciptakan lapangan kerja.

"Apalagi saat ini Banyuwangi sudah dinobatkan sebagai kota festival pariwisata terbaik di Indonesia," pungkasnya. 

Kompas TV PT KAI Jember Perbaiki Titik Rawan Beberapa Jalur Mudik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com