Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jatim, PDIP Tunduk pada Megawati Soal Anas Jadi Cawagub Jatim

Kompas.com - 16/06/2017, 08:39 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Banyuwangi menyerahkan sepenuhnya nasib pencalonan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPC PDIP Banyuwangi Made Cahyana Negara, mengatakan, pendaftaran Anas sebagai cawagub Jatim, hanya menindaklanjuti surat DPD PDIP Jatim kepada Anas yang menyebut bahwa nama Anas disebut sebagai bakal calon berdasarkan rekapitulasi hasil rapat pleno DPC PDIP se-Jatim, terkait penjaringan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim.

"Setelah itu menjadi kewenangan penuh Ibu Megawati Soekarnoputri. Kami akan mengikuti dan tunduk pada keputusan Ibu Ketua Umum," kata Made di Surabaya, Kamis (15/6/2017).

Di hari terakhir pendaftaran Rabu (14/6/2017), DPC PDIP Banyuwangi mendaftarkan Anas di kantor DPD PDIP Jatim. Dia didaftarkan sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim.

Baca juga: Pilkada Jatim, PKB Berharap Gus Ipul Didampingi Cawagub dari PDI-P

Surat yang sama dari DPD PDIP Jatim juga ditujukan kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Namun Risma memilih menolak mengambil formulir, karena dirinya mengaku masih ingin menuntaskan masa kerjanya di Surabaya.

Sejak dibuka 1 Juni lalu, ada enam bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang mendaftar melalui PDIP untuk bertarung di Pilkada Jatim 2018. Yakni, Gus Ipul (Wakil Gubernur Jatim), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Budi Sulistiyo (Bupati Ngawi), Suhandoyo (Anggota DPRD Jatim), Kusnadi (Ketua DPD PDIP Jatim), dan Said Abdullah (anggota DPR RI).

Proses pendaftaran dilanjutkan dengan masa pengembalian formulir yang diberi waktu hingga 30 Juni nanti. 

Baca juga: Kerap Disebut sebagai Cagub Jatim, Risma Curhat ke Megawati

Kompas TV Dukungan untuk wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengalir dari partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com