Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Masyarakat Jateng Ingin Gubernur Berpengalaman dan Merakyat

Kompas.com - 15/06/2017, 21:23 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Masyarakat Jawa Tengah menginginkan sosok gubernur yang berpengalaman dan merakyat dalam kepemimpinannya. Hal itu disampaikan Populi Center, dalam hasil surveinya, Kamis (15/6/2017).

"Masyarakat Jateng ingin pemimpin yang berpengalaman di pemerintahan itu 30,6 persen, lalu merakyat 23,5 persen, dan bersih dari korupsi sebesar 17,4 persen," ujar Direktur Populi Center Usep Ahyar, di Semarang.

Usep mengatakan, ada lima kriteria ideal yang dikehendaki masyarakat. Selain tiga kriteria itu, masyarakat juga ingin pemimpin taat beribadah sebanyak 14,1 persen, dan orang asli daerah atau putra daerah sebanyak 3,5 persen.

Tiga nama bakal calon Gubernur Jateng yang populer juga merupakan putra daerah. Sudirman Said merupakan putra daerah Brebes, Marwan Jafar dari Pati, dan Ganjar Pranowo dari Purworejo.

(Baca juga: Jadi Bakal Cagub Jateng, Marwan Jafar Minta Restu Tokoh NU)

Hasiil survei, sambung Usep, juga menekankan masyarakat ingin pemimpin yang sudah terbukti kinerjanya. Masyarakat juga menilai beberapa masalah perlu mendapat perhatian segera. Terutama harga kebutuhan pokok, pengangguran, hingga biaya pendidikan anak.

Sementara dalam sektor ekonomi, masyakat ingin ada pengembangan dalam bidang pertanian sebesar 72,4 persen, pariwisata 6,3 persen, perikanan 4,1 persen, perkebunan 3.3 persen, dan sektor pertambangan dan energi 1,5 persen.

(Baca juga: Survei Pilkada Jateng: Ganjar 51,6 Persen, Nama Lain di Bawah 5 Persen)

 

Survei Populi Center dilakukan pada pertengahan Mei 2017. Survei dilakukan dengan menggunakan 800 responden yang diacak dari seluruh kabupaten dan kota di Jateng. Survei dilakukan secara proporsional dengan margin eror 3,39 persen. 

Kompas TV Ganjar Pranowo Minta Konflik Keraton Solo Diselesaikan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com