Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izzan, Bocah 14 Tahun yang Lulus Masuk MIPA ITB Lewat SBMPTN

Kompas.com - 15/06/2017, 03:10 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kata "jenius", layak disematkan kepada Musa Izzanardi Wijanarko. Sebab, bocah yang masih berusia 14 tahun ini lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017.

Izzan, biasa ia disapa, diterima sebagai mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB).  Sebenarnya, ini tahun keduanya Izzan mengikuti SBMPTN dengan minat jurusan yang sama. 

"Tapi tahun lalu gagal dan tidak lulus. Tahun ini daftar lagi dan alhamdulillah lulus. Kemarin hasil kelulusannya sudah ada di website," ujar ibu Izzan, Yanti Herawati (46) kepada Kompas.com saat dihubungi melalui ponselnya, Rabu (14/6/2017).  

(Baca juga: Perjuangan Anak Satpam Bisa Kuliah di UGM dengan Keterbatasan Ekonomi)

Anak kedua dari pasangan Yanti Herawati dan Mursid Wijanarko (46) ini hanya jenius di mata pelajaran sains dan matematika. Meski lulus dengan nilai cukup baik, kepada Yanti Izzan mengaku terseok-seok mengisi soal-soal bahasa Indonesia. 

Sementara untuk soal eksak seperti matematika, biologi, fisika, kimia, dan tes potensi anak (TPA) seperti tes verbal, numerik dan figural, mampu dikerjakan dengan mudah oleh Izzan.  

"Semua total ada 10 tes. Izzan memang sangat bermasalah di bahasa Indonesia karena sulit memahami bacaan. Tapi kalau bahasa Inggris lumayan bisa karena sudah ikut bimbingan belajar intensif dua bulan," ujar Yanti. 

(Baca juga: Sebanyak 38 Pelajar Difabel Lolos SBMPTN)

 

Yanti dan suaminya mengaku sangat bersyukur bisa memiliki anak jenius seperti Izzan. Namun, mereka memiliki sedikit kekhawatiran. Sebab anaknya yang masih doyan bermain ini mau tidak mau harus bergaul dengan orang-orang yang usianya usia jauh lebih tua.

"Mudah-mudahan Izzan bisa menerima perkuliahan dengan baik dan mudah-mudahan tidak mengalami bully karena ITB ini kan memang kawah candradimuka. Saya mah enggak muluk-muluk, yang penting anak saya bisa survive," akunya.  

Kompas TV Siswa SMA di Bogor Doa Bersama Jelang UNBK 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com