Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Kapal Pengangkut Ratusan Sapi ke Jawa Tertahan di Kupang

Kompas.com - 13/06/2017, 06:27 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Cuaca buruk yang melanda perairan di Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebabkan tiga kapal pengangkut ratusan ekor sapi tertahan di Pelabuhan Tenau Kupang.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patriot Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tenau Kupang Yudi Kusmiyanto mengatakan, tiga kapal tersebut sudah tertahan selama tiga hari.

Ketiga kapal itu adalah KM Camara Nusantara I yang mengangkut 498 sapi tujuan Jakarta, dan dua kapal kargo mengangkut sapi tujuan Surabaya, Jawa Timur.

“Ada tiga kapal yang angkut ternak belum berlayar termasuk Cemara Nusantara I karena cuaca buruk,” kata Yudi kepada sejumlah wartawan, Senin (12/6/2017).

Yudi mengaku, pihaknya akan mengeluarkan surat izin berlayar, setelah cuaca kembali normal. Pasalnya kapal tersebut berlayar melintasi Laut Sawu yang saat ini memiliki tinggi gelombang antara 3,5-4 meter dengan kecepatan angin yang mencapai 27 knot atau 50 kilometer per jam.

"Kita juga sudah mengeluarkan larangan berlayar untuk tiga rute yakni Kupang-Sabu, Kupang-Waingapu, dan Kupang-Rote,"sebutnya.

Larangan berlayar lanjut Yudi, sudah dikeluarkan sejak Selasa (6/6/2017) lalu, namun cuaca kembali normal sehingga kapal kembali beroperasi.

"Kita masih akan pantau kondisi cuaca melalui BMKG. Kalau iklim sudah normal, baru bisa tiga kapal itu berlayar," sebut dia.

Baca juga: Kapal Ternak Jokowi Akhirnya Bisa Angkut 500 Sapi dari NTT

Kompas TV Dinas Peternakan Bali Periksa Ternak Babi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com