Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suporter Tewas Terjatuh dari Tribun Stadion saat Nonton Sepak Bola

Kompas.com - 12/06/2017, 15:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang suporter klub sepak bola meninggal dunia setelah jatuh dari atas tribun penonton Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Korban adalah Septian Ardi Prasetyo (18), warga Dusun Karangdalem, Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Magelang Kota, AKP Esti Wardiani, menjelaskan, saat itu korban sedang mendukung tim kesayangannya, PPSM Magelang melawan PSIM Yogyakarta dalam laga persahabatan di stadion tersebut, Minggu (11/6/2017) malam.

Baca juga: Jatuh ke Sungai Saat Menolong Temannya, Bocah 6 Tahun Tewas Tenggelam

Dari keterangan beberapa saksi, lanjut Esti, sebelum terjatuh, korban memanggil salah satu temannya yang ada di luar stadion.

Saat korban menoleh ke arah temannya dan membelakangi stadion, ada beberapa orang di sekitar korban sedang bersorak-sorak.

Diduga saat itu, posisi korban tidak seimbang hingga dia terjatuh dari tempat duduknya yang berada di ketinggian sekitar 8 meter.

"Kejadiannya sekitar pukul 21.30 WIB. Korban jatuh dari lantai tribun paling atas langsung ke dasar lantai luar stadion," kata Esti dikonfirmasi, Senin (12/6/2017).

Esti menuturkan, korban yang masih duduk di bangku SMK itu mengalami luka sobek di dahi depan, dan luka parah di kepala, betis kaki kanan, hingga tidak sadarkan diri. Korban langsung dilarikan ke RSI Kota Magelang dan sempat menjalani perawatan intensif.

"Namun sayang nyawa korban tak terselamatkan dan meninggal dunia pada Senin (12/6/2017) pagi di rumah sakit," ujar Esti.

Menurutnya, dari hasi olah tempat kejadian perkara (TKP) dan hasil keterangan lima orang saksi, disimpulkan bahwa kejadian itu murni kecelakaan.

Untuk diketahui, bangunan tribun paling atas sisi selatan stadion Moch Soebroto memang tidak diberi batas atau pagar pengaman.

"Kejadian ini murni kecelakaan. Kami imbau kepada penonton untuk hati-hati saat duduk di atas," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Magelang, Yonas Nusantrawan, menyayangkan kejadian itu. Selama ini pihaknya tidak memberi rekomendasi kepada panitia pelaksana (Panpel) pertandingan agar tidak menggunakan tribun paling atas itu.

“Kami terkejut, karena kenapa tribun selatan tetap diisi penonton. Sebelumnya, kami tidak rekomendasikan tribun selatan itu digunakan, karena yang paling atas tidak ada pagar pengamannya, sehingga membahayakan bagi penonton,” jelasnya.

Baca juga: Pelajar yang Jatuh di Air Terjun Ditemukan Tewas Terjepit di Bebatuan

Ke depan, pihaknya akan membuat pagar pengaman di lantai tribun tersebut untuk mengantisipasi kejadian serupa. Dia menyebut akan mengusulkan anggaran agar rencana itu segera terealisasi.

"Kami rencanakan akan bikin pagar pengaman antar-tribun. Supaya kejadian serupa tidak terulang lagi," tandasnya.

Kompas TV Coba Kabur Razia, Motor Ini Kepleset
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com