Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Lawan Arus di Tol, TMJ Diminta Perbanyak Rambu yang Mencolok

Kompas.com - 12/06/2017, 14:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Semarang-Solo diminta untuk mengevaluasi sistem keamanan dan informasi di ruas jalan tol yang dikelolanya.

Hal itu disampaikan Christovita Wiloto, pemilik akun yang mengunggah video rekaman sebuah minibus warna silver melintas melawan arah di Jalan Tol Semarang-Ungaran yang viral di media sosial.

Baca juga: Viral, Video Mobil Lawan Arus di Tol Semarang-Ungaran

Menurut Christov, panggilan akrab Christovita Wiloto, tidak semua pengemudi familiar dengan jalan tol. Apalagi pada saat arus mudik mendatang, dipastikan banyak pengemudi dari luar daerah yang akan masuk ke ruas jalan tol ini.

TMJ sebaiknya memperbanyak rambu-rambu yang mudah terlihat dan pesannya mudah dipahami pengguna jalan.

"Jangan dianggap semua orang itu biasa masuk tol. Jadi saran saya jelang mudik ini perbanyak rambu-rambu yang eye catching (mencolok), karena lebih banyak orang daerah yang melintas," kata Christov saat dihubungi, Senin (6/12/2017) siang.

Christov menduga, kendaraan yang nekat melawan arus di jalan Tol Semarang-Ungaran tersebut adalah pengemudi dari luar daerah. Selain dua huruf pelat nomor polisi yang ia ingat adalah plat nomor dari luar Jawa, konsultan ini juga melihat fisik kendaran tersebut sangat kotor.

"Perkiraan saya itu bukan orang setempat, mobilnya berdebu seperti perjalanan jauh. Seingat saya pelat nomornya BG, dari Medan ya kalau nggak salah," ujarnya.

Sebelumnya kepada Kompas.com, Christov mengatakan bahwa video tersebut ia rekam di tengah perjalanan dari Bandara Ahmad Yani menuju Salatiga untuk sebuah acara, Sabtu (10/6/2017) lalu.

"Waktu lihat kaget, ini edan banget. Bagus juga kalau direkam, kata teman saya. Kebetulan teman saya yang nyetir, saya ambil gambarnya," kata Christov, saat dihubungi, Senin (12/6/2017) pagi.

Baca juga: Viral Video Mobil Lawan Arus di Tol, Ini Pengakuan Perekam

Chairman and Founder Indonesia Young Entrepreneur (IYE) ini setengah tidak percaya selama 30 detik merekam aksi nekat pengemudi Kijang kapsul tersebut dan tidak ada tanda-tanda kendaraan tersebut akan berhenti.

"Tidak terlalu ngebut, tapi untuk ukuran mobil lumayan cepat. Sekitar 70 sampai 80 kilometer per jam. Dia melaju di bahu jalan terus, kita ikutin enggak stop-stop itu," ucapnya.

Kompas TV Hindari Razia, Motor-Motor Ini Nekat Lawan Arus
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com