Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Jika Pemilu Hari Ini Digelar di Jatim, Jokowi Akan Unggul

Kompas.com - 12/06/2017, 12:01 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Nama Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi pilihan publik di Jawa Timur sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. Bahkan lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut,  jika Pemilu digelar hari ini maka Jokowi lah pemenangnya.

"Survei ini menggambarkan jika pemilu hari ini digelar di Jatim, maka Jokowi akan unggul," ujar  peneliti Indikator, Hendro Prasetyo saat paparan hasil survei di Surabaya, Minggu (11/6/2017).

Menurut dia, nama Jokowi selain populer juga dipilih responden dalam survei yang digelar 3-7 Mei lalu kepada 819 orang di seluruh Jawa Timur.

"Elektabilitas Jokowi mengungguli sejumlah nama tokoh nasional lainnya seperti Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Aburizal Bakrie," kata dia.

Ia menyebut, timnya sempat memberikan pertanyaan spontan kepada responden tentang calon presiden pada pemilu 2019.

Hasilnya, nama Jokowi dipilih oleh 28,2 persen responden, dan Prabowo Subianto 13,6 persen responden, dan nama-nama tokoh lainnya masih di bawah 1 persen.

"Responden yang tidak menjawab atau tidak tahu masih tinggi angkanya, yakni 52,2 persen," jelasnya.

Keterpilihan Jokowi kata dia juga masih tinggi saat responden disodori pertanyaan yang sama dengan menyebut sejumlah nama atau versi semi terbuka.

Hasilnya Jokowi mendapatkan angka 41,7 persen, Prabowo 20,8 persen dan nama tokoh lainnya masih dibawah 2 persen seperti SBY, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), juga nama Soekarwo. Responden yang mengaku tidak tahu atau tidak menjawab 24,3 persen.

Sementara saat responden disodori dua nama antara Jokowi dan Prabowo, maka Jokowi unggul 54,4 persen, dan Prabowo 30,4 persen. Adapun responden yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab 24,3 persen.

Baca juga:  Saat Warga Tasik dan Ciamis Berharap Mobil Jokowi Berhenti...

Kompas TV Warga “Gagal Fokus” Lihat Jokowi Pake Sepatu Kets

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com