Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Terik, Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Meluas

Kompas.com - 10/06/2017, 12:26 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Cuaca terik yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat selama sepekan terakhir ini mengakibatkan kebakaran lahan di sejumlah titik di kawasan Desa Peulanteu, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat.

"Kebakaran lahan gambut sudah terjadi selama tiga hari ini di lokasi pembukaan lahan perkebunan baru," kata Kepala Desa Peulante, Kecamatan Arongan Lambalek, Sakdan, saat dihubungi wartawan, Jumat (09/06/17) malam.

(Baca juga: Kebakaran Melanda Pasar Agro Purwodadi)

Menurut Sakdan, kebakaran lahan gambut terus meluas karena api dibawa angin dan kondisi cuaca terik. Kebakaran pun sulit dipadamkan secara manual oleh warga.

"Kebakaran terjadi di sejumlah titik terpencar di kawasan hutan gambut Kecamatan Arongan, tadi ada turun personel dari polsek dan warga untuk memadamkan, tetapi api belum berhasil dipadamkan,” katanya.

Sakdan mengatakan, kawasan hutan gambut yang terbakar itu jaraknya lebih kurang 3 kilometer dari permukiman warga dan jalan utama.

(Baca juga: Kebakaran di Grobogan, 3 Rumah Ludes dan 3 Kambing Mati Terpanggang)

Kendati demikian, asap kebakaran belum sampai mengganggu aktivitas warga sekitar. "Diduga kebakaran terjadi akibat pembukaan lahan baru dengan cara membakar sehingga sangat mudah menjalar karena cuaca panas," ujar dia.

Akibat peristiwa kebakaran lahan gambut itu, dua warga Kecamatan Arongan Lambalek dipanggil ke polsek setempat untuk dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com