Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Yogyakarta, Suara Pesawat Tempur Bangunkan Warga untuk Sahur

Kompas.com - 08/06/2017, 22:11 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Selama dua hari ini, warga dihebohkan dengan suara pesawat tempur yang melintas di langit Yogyakarta menjelang dini hari, saat umat Islam hendak makan sahur.

Masyarakat dan warganet (netizen) beranggapan bahwa pesawat tersebut bermaksud membangunkan mereka untuk makan sahur.

Akun Twitter @JogjaUpdate pada 8 Juni 2017 pukul 3:30 WIB menulis, #RamadhanDiTwitter Hanya di Jogja dibangunin sahur dengan jet tempur @_TNIAU.

Lewat akun twitter resmi TNI AU membalas, @_TNIAU semoga apa yang Anda goreng tidak hangus karena ditinggal keluar rumah kepala nengokin ke atas.

Sementara akun Twitter @fajarsenaksenuk bertanya ke akun @_TNIAU, Pak maaf Out off topic nih ..Mau nanya kok 2 hari ini pas waktu sahur kedengeran suara pesawat yak ? emang iya latihan sepagi ini, lokasi solo

Dijawab oleh akun Twitter @_TNIAU, Mereka memastikan anda dapat bangun sepagi mungkin utk dapat beribadah sahur ataupun amalan lainya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Penerangan dan Perpustakaannya (Kapentak) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sus Giyanto membenarkan bahwah dua hari terakhir pesawat tempur melintas di langit Yogyakarta, Solo, dan Madiun.

Giyanto menyebutkan, pesawat yang melintas tersebut tengah melakukan latihan. "Iya sedang latihan. Terbang melintasi Yogyakarta, Solo dan Madiun," ujar Sus Giyanto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (8/6/2017).

Menurut dia, pesawat tempur yang melintas untuk latihan ada dua. Satu pesawat jenis F16 dan kedua pesawat Golden Eagle T150.

"Ya latihan. Tapi tetap hikmahnya bangunkan masyarkat Muslim untuk sahur," katanya.

Baca juga: Sudah 14 Tahun, Pria Kristen Ini Bangunkan Warga untuk Makan Sahur

Kompas TV Atur Pola Makan Selama Puasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com