Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Sebut Keindahan Gerbang Tol Salatiga Bisa Tarik Pengunjung

Kompas.com - 08/06/2017, 07:21 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemandangan indah di pintu gerbang tol (GT) Salatiga dengan latar Gunung Merbabu menjadi viral di media sosial. Netizen menganggap GT Salatiga terindah di Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut mengomentari keberadaan pintu tol itu. Menurut politisi 48 tahun ini, keberadaan pintu tol yang indah justru bisa menarik warga singgah di kota itu.

"Jadi dulu kan khawatir kalau ada tol, Salatiga jadi kota mati. Nah, agar tidak mati, makanya ada pintu keluar dibuat semenarik mungkin," kata Ganjar di Semarang, Kamis (8/6/2017).

Baca juga: Viral, Foto Gerbang Tol Salatiga dengan Latar Belakang Gunung Merbabu

Dengan gerbang tol yang indah, justru menjadi aset tersendiri bagi kota Salatiga. Warga yang melewati tol Semarang ke Solo bisa memilih exit tol Salatiga untuk melihat pemandangan yang disajikan.

"Sebenarnya membuat GT tol seperti itu enggak sulit, karena kebutuhan seperti apa selalu dikomunikasikan. Jadi tol mengambil yang ada di sekitarnya," tambahnya.

Dengan adanya gerbang tol Salatiga, maka kota itu justru dianggap lihai memanfaatkan adanya jalan tol. Jalan tol yang ada justru menjadi aset yang seolah milik Salatiga.

"Kalau GT Salatiga bisa saja tol itu justru menjadi sumber daya milik Salatiga," kata Ganjar.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris berjanji tidak akan mengotori pemandangan di GT Salatiga yang konon terindah di Indonesia ini dengan papan reklame.

Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ), Fauzi Abdul Rahman mengatakan, latar belakang pemandangan gerbang tol Salatiga memang bagus dengan adanya latar belakang Gunung Merbabu.

"Kebetulan desainnya memang di belakang ada Gunung Merbabu," ujar Fauzi.

Baca juga: Viral GT Salatiga Terindah di Indonesia, Ini Kata Wakil Wali Kota

PT TMJ memang memiliki tagline "panoramic tol road", karena kebetulan jalan tol Semarang-Solo yang dibangun kondisi lingkungannya masih asri. Di beberapa lokasi bisa dijumpai sawah, lembah, dan pegunungan.

"Secara umum jalan tol Semarang-Solo, Semarang-Salatiga ini khususnya, memang kita menyebut panoramic tol road. Karena memang ya alhamdulilah kita mendapatkan lingkungan yang kanan kiri yang menurut kami itu indah, ada sawah, gunung, ada lembah," ujar Staf Operasional PT TMJ, Sabilillah.

Kompas TV Presiden Jokowi Cek Progres Tol Bawen-Salatiga
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com