Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral GT Salatiga Terindah di Indonesia, Ini Kata Wakil Wali Kota

Kompas.com - 07/06/2017, 20:03 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemandangan di Gerbang Tol (GT) Salatiga dengan latar Gunung Merbabu menjafi viral di media sosial karena dianggap GT terindah di Indonesia. Sejumlah warganet (netizen) bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun ikut mengomentari positif GT yang panoramik ini.

Terkait hal itu, Pemkot Salatiga berkomitmen untuk menjaga agar pemandangan tersebut tetap bisa dinikmati para pengguna jalan tol sepanjang masa.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris saat meninjau jalan Tol Bawen-Salatiga, Rabu (7/6/2017) siang.

Saat berkesempatan melihat langsung GT Salatiga, Haris berjanji tidak akan mengotori pemandangan di GT Salatiga yang konon terindah di Indonesia ini dengan papan reklame.

"Saya mendapatkan saran dari rekan-rekan agar pemandangan pintu Tol Salatiga yang sedang viral ini tetap terjaga keindahannya. Caranya jangan sampai ada baliho atau bangunan tinggi yang menghalangi pemandangan dengan latar gunung merbabu tersebut," kata Haris..

Sekedar diketahui, Haris meninjau jalan Tol ruas Bawen-Salatiga ini terkait kesiapannya untuk menampung arus mudik Lebaran 2017.

Baca juga: Gerbang Tol Salatiga Akan Dioperasikan H-7 Lebaran

Gerbang Tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi   Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017) siang.Kompas.com/ Syahrul Munir Gerbang Tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017) siang.
Dalam kunjungannya, Haris didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kabid Lalin Dinas Perhubungan Ari Wibowo, dan Kabid Angkutan Dinas Perhubungan dan Kelaikan Sudarso.

Rombongan masuk dari GT Salatiga yang ada di Tingkir menyusuri sepanjang jalan hingga jembatan Tuntang. Sampai di jembatan Tuntang rombongan diterima Superveisor PT Adhi Karya, Partono.

"Dalam hitungan hari, ruas jalan akan tersambung dengan Tol Bawen," kata Partono.

Sebelumnya Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ), Fauzi Abdul Rahman mengatakan, latar belakang pemandangan gerbang Tol Salatiga memang bagus dengan adanya Gunung Merbabu.

"Kebetulan desainnya memang di belakang ada Gunung Merbabu," ujar Fauzi kepada Kompas.com.

PT TMJ memang memiliki tagline "panoramic tol road", karena kebetulan jalan tol Semarang-Solo yang dibangun kondisi lingkungannya masih asri. Di beberapa lokasi bisa dijumpai sawah, lembah, dan pegunungan.

"Secara umum jalan tol Semarang-Solo, Semarang-Salatiga ini khususnya, memang kita menyebut panoramic tol road. Karena memang ya alhamdulilah kita mendapatkan lingkungan yang kanan kiri yang menurut kami itu indah, ada sawah, gunung, ada lembah," ujar Staf Operasional PT TMJ, Sabilillah. 

Baca juga: Viral, Foto Gerbang Tol Salatiga dengan Latar Belakang Gunung Merbabu

Kompas TV Hingga pertengahan April, pembangunan ruas tol Bawen - Salatiga sepanjang 17,6 kilometer telah mencapai 97%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com