Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Minta Warga Tidak Bakar Sampah di Sepanjang Rel

Kompas.com - 07/06/2017, 19:37 WIB

CIREBON, KOMPAS.com -  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, meminta masyarakat tidak membakar sampah di sepanjang rel.  Karena hal itu bisa membahayakan perjalanan kereta api.

"Bahaya sampah di jalur KA yang masuk ruang manfaat jalan, bila sampah itu dibakar asapnya bisa menggangu pandangan masinis," kata Manajer KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Rabu (7/6/2017).

Kris menyebutkan, selain mengganggu pandangan masinis, suhu panasnya juga bisa merusak kabel optik yang ditanam di bawah tanah sepanjang jalur KA.

Dia menyebutkan, kabel optik adalah perangkat persinyalan yang menjamin keselamatan perjalana KA. "Bila kabel optik rusak maka sinyal akan terganggu dan akan berpotensi bahaya," sebutnya.

Selain itu pembuangan sampah sembarangan juga bisa menghambat air di drainase yang bisa mengakibatkan banjir dan tekstur tanah di sekitarnya gembur dan longsor.

"Jangan sampai membakar dan membuang sampah di jalur KA, karena itu sangat membahayakan bagi perjalanan kereta api," ujarnya.

Kris menambahkan titik adanya pembuangan dan bakar sampah dekat rel KA itu biasa terjadi di antara Pabuaran-Pringkasap, Cikaum-Pegadenbaru, Tanjungrasa, Kecamatan Tambakdahan, Kabupaten Subang-Cikampek, Kabupaten Karawang.

Kemudian ada juga di dekat stasiun Terisi, Kertasemaya, Jatibarang-Telagasari Kabupaten Indramayu juga di Arjawinangun Kabupaten Cirebon.

"Kami sudah berupaya sosialisasi ke warga sekitar juga kita lakukan pemasangan plang larangan buang sampah," tambahnya.

Baca juga: 5 Stasiun di Jateng Siap Tampung Motor Pemudik yang Diangkut Kereta Api

Kompas TV Belasan Lokomotif di Cirebon Disiapkan Untuk Mudik 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com