Kader PDI-P dari Seluruh Indonesia Shalat Tarawih di Kompleks Makam Bung Karno - Kompas.com

Kader PDI-P dari Seluruh Indonesia Shalat Tarawih di Kompleks Makam Bung Karno

Kontributor Malang, Andi Hartik
Kompas.com - 05/06/2017, 21:06 WIB
KOMPAS.com/Andi Hartik Suasana saat shalat tarawih di Komplek Makam Bung Karno, Kota Blitar, Senin (5/6/2017). Shalat tarawih itu diikuti oleh kader PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia.

MALANG, KOMPAS.com - Kader PDI Perjuangan dari berbagai daerah di Indonesia melaksanakan shalat tarawih bersama warga setempat di kompleks makam Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (5/6/2017).

Shalat tarawih bersama itu merupakan salah satu agenda PDI Perjuangan di Blitar yang dihadiri oleh kader berlambang moncong putih itu dari seluruh Indonesia.

Tepat di dalam kompleks makam Presiden Pertama RI itu terdapat sebuah mushala. Namun mushala itu tidak muat menampung seluruh jamaah sehingga kebanyakan jemaah shalat di bawah tenda.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, kegiatan buka puasa bersama seluruh kader yang dilanjutkan dengan tarawih bersama itu merupakan langkah PDI Perjuangan dalam mengkhidmati Bulan Ramadhan.

"Sebagai umat beragama tentu saja PDI Perjuangan menghormati Bulan Suci Ramadhan ini dan kami bersama-sama mengadakan buka puasa dan shalat tarawih bersama," katanya di lokasi buka bersama di Pendopo Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Senin (5/6/2017).

(Baca juga: Megawati, Said Aqil, dan Gus Ipul Buka Bersama di Blitar)

Hasto mengatakan, setelah shalat tarawih selesai, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj akan menyampaikan tausyiah. Karena buka dan tarawih bersama itu bertepatan dengan Hari Lahir Bung Karno yang lahir pada 6 Juni 1901, agenda selanjutnya adalah tahlil bersama yang juga dipimpin oleh KH Said Aqil.

"Nah, setelah itu, karena bertepatan dengan Harlah Bung Karno maka setelah seluruh rangkaian buka puasa ini selesai akan dilaksanakan tahlil bersama dalam rangka Harlah Bung Karno yang akan dipimpin KH Said Aqil Siradj," ungkapnya.

Selain kader PDI Perjuangan, Wakil Gubermur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul juga hadir dalam acara tersebut. Gus Ipul datang mendampingi Said Aqil Siradj.

Gus Ipul merupakan Calon Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada 2018 yang diusung oleh PKB. Namun, Gus Ipul juga mendaftar sebagai calon gubernur dari PDI Perjuangan.

 

Kompas TV Bung Karno Baca Isi Pancasila di AS Tahun 1956

PenulisKontributor Malang, Andi Hartik
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM