Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Bocor Jantung Dipindahkan ke RSUZA Banda Aceh

Kompas.com - 05/06/2017, 15:49 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Fajar Maulana (4), bocah penderita kebocoran jantung akhirnya dipindahkan ke RSUZA Banda Aceh. Fajar dijemput Zainal Abidin, anggota DPRA Aceh untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Zainal mengaku sudah berkoordinasi dengan dokter spesialis anak RSUD Nagan Raya yang menangani Fajar. Menurut dokter, Fajar harus segera dirujuk ke RSUZA karena peralatan RSUD terbatas sehingga tidak bisa memberikan pelayanan maksimal.

"Rumah Sakit Nagan Raya tidak mampu melakukan penanganan terhadap penyakit itu, kemudian juga tenaga medis dan peralatan terbatas karena masih rumah sakit Tipe C,” kata Zainal saat dihubungi Senin (5/6/2017).

(Baca juga: Bupati Bireun Tahu Kondisi Bocah Bocor Jantung dari Facebook)

Fajar, sambung Zainal, sudah dipindah ke RSZA Banda Aceh Sabtu lalu. Fajar menjalani perwatan intensif di ruang Seurune 1 kamar 4. "Hari ini akan diperiksa dokter ahli. Untuk operasi tergantung hasil pemeriksaan dokter," tuturnya.

Menurut Zainal, setelah ibunya meninggal setahun lalu, Fajar diasuh dua kakak perempuannya. Karena keterbatasan biaya, sang kakak tidak berani memindahkan adiknya ke RSUZA Banda Aceh. Padahal dokter sudah berulangkali menyarankannya.

"Keluarga tidak mau karena tidak punya biaya kebutuhan hidup selama mendampingi pengobatan di Banda Aceh. Setelah kami bicara dengan keluarga bahwa seluruh biaya akan kita tangani, keluarga akhirnya menyetujui," ungkapnya. 

(Baca juga: Bocah Penderita Kebocoran Jantung Butuh Bantuan Pengobatan)

Selain menanggung biaya kebutuhan keluarga, pihaknya akan mengawal proses pengobatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com