Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kalau Usia Produktif Tak Siap, Bisa Jadi Beban Negara

Kompas.com - 03/06/2017, 12:00 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur di Kelurahan Tlogowaru, Kota Malang, Sabtu (3/6/2017).

Pada kesempatan itu, Presiden mengungkapkan pentingnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut dia, sumber daya manusia memiliki peranan penting untuk bangsa Indonesia kedepan. Apalagi, pada tahun 2020 nanti, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yang tidak didapatkan oleh negara lain.

Oleh karena itu, Jokowi menekankan pembangunan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas kompetisi bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

"Tetapi kalau usia-usia produktif itu tidak disiapkan dari sekarang, justru akan menjadi kontra produktif dan menjadi sebuah masalah, menjadi beban negara karena kesalahan kita tidak mempersiapkan anak-anak kita," katanya.

"Inilah yang perlu kita ingatkan kepada kita semuanya bahwa SDM ke depan memegang peranan yang sangat penting bagi negara kita," imbuh Jokowi.

(Baca juga: Cerita Sang Ayah Menunggu di Luar Saat Afi "Ngobrol" dengan Jokowi-JK)

Dia lalu mengungkapkan kebanggaan atas berdirinya SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Sekolah yang bekerjasama dengan TNI Angakat Laut itu diharapkan bisa mencetak sumber daya manusia yang kompetitif.

"Saya sangat bangga sekali bahwa di Jawa Timur dimotori oleh Bapak Gubernur bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut pada pagi ini kita lihat SMA Negeri Taruna Nala yang kita harapkan bisa memproduksi SDM yang mempunyai keunggulan dalam berkompetisi dengan negara lain," ungkapnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, SMAN Taruna Nala didirikan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang handal serta inovatif. Sekolah tersebut berbasis ketarunaan dan menjadi sekolah unggulan yang memiliki asrama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com