Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Desa Diminta Aktif Cegah Penyebaran Paham Radikalisme

Kompas.com - 01/06/2017, 22:29 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis


ENDE, KOMPAS.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menginstruksikan seluruh kepala desa membantu pencegahan menyebarnya paham radikalisme.

Hal itu disampaikan Eko usai memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/6/2017).

Eko mengimbau para kepala Desa untuk melawan radikalisme yang merusak keutuhan NKRI dengan cara melaporkan kepada pihak berwajib apabila di desanya ditemukan indikasi penyebaran radikalisme.

"Kalau ada gejala radikalisme, saya minta kepada seluruh kepala desa, di manapun ada radikalisme untuk segera melaporkan kepada pihak-pihak yang berwajib," ucap Eko.

(baca: Menhan Berharap Intelektual Muda Tangkal Paham Radikalisme)

Eko lalu meminta para kepala desa menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada setiap warganya.

"Negara kita ini akan besar jika semua elemen bisa menghayati dan mengamalkan nilaI-nilai yang terkandung dalam Pancasila, apalagi negara ini negara yang beragam, untuk itu kita semua wajib menjaga keanekaragaman, sebab besarnya bangsa kita karena kita beragam, "ucap Eko.

Kompas TV Waspada Paham Radikalisme di Dunia Pendidikan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com