Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan dan Masyarakat Jogja Berbuka Bareng Makan Nasi Bungkus

Kompas.com - 01/06/2017, 21:54 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati hari lahirnya Pancasila, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X berbuka bersama masyarakat. Acara berbuka bersama dengan makan nasi bungkus ini adalah simbol persaudaraan.

Usai acara di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, panitia membagikan nasi bungkus dan air mineral kepada seluruh masyarakat yang hadir. Setelah tanda waktu berbuka terdengar, Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X lalu makan bersama-sama dengan masyarakat.

Masyarakat yang tidak mendapatkan tempat di Pagelaran karena penuh memilih duduk di Alun-alun Utara. Mereka bersama-sama menikmati nasi bungkus sembari berbincang-bincang santai.

Ketua Panitia Widihasto Wasana Putra mengatakan, salah satu bentuk gotong-royong dalam penyelenggaraan peringatan lahirnya Pancasila ini adalah masyarakat dengan rela menyumbang nasi bungkus untuk berbuka bersama.

"Masyarakat bergotong-royong dan bahu membahu untuk acara ini. Salah satunya, masyarakat rela membuat dan menyumbang nasi bungkus," ujar Widihasto dalam sambutanya di pembukaan peringatan lahirnya Pancasila, Kamis (1/6/2017).

Hasto mengatakan, nasi bungkus yang terkumpul merupakan sumbangan dari masyarakat di setiap Kabupaten dan Kota di DIY. Selain itu juga ada sumbangan dari TNI dan Polri.

Total ada sekitar 18.000 nasi bungkus yang terkumpul untuk acara buka bersama dalam rangkaian peringatan lahirnya Pancasila.

Disampaikanya, gotong-royong dalam pelaksanaan peringatan lahirnya Pancasila, yang salah satu bentuknya dengan menyumbangkan nasi bungkus, memiliki makna yang dalam. Apalagi gotong-royong merupakan cerminan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila.

"Nasi bungkus dan makan bersama adalah simbol persaudaraan. Sedangkan gotong-royong masyarakat adalah cerminan dari nilai Pancasila," ujarnya.

Usai berbuka bersama, masyarakat lantas berbondong-bondong meninggalkan lokasi acara peringatan hari lahirnya Pancasila.

Kompas TV Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila salah satunya diselenggarakan di Gedung Pancasila.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com