Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Dibangun di Makassar

Kompas.com - 01/06/2017, 15:47 WIB
Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Masjid 99 kubah yang didesain Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dibangun di lokasi reklamasi Pantai Losari atau yang disebut kawasan "Center Poin of Indonesia (CPI)", Makassar, Sulawesi Selatan.

Pembangunan Masjid 99 kubah itu dimulai dengan pemancangan pada hari ini, Kamis (1/6/2017).

Pemancangan pertama ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo beserta muspida Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar.

Pembangunan masjid 99 kubah yang luas bangunannya 72 X 45 meter itu diperkirakan menelan biaya Rp 160 miliar yang berasal dari APBD. Masjid tersebut nantinya dapat menampung 13.075 jamaah.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (DSDA-CKTR) Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan bahwa masjid 99 kubah didesain Ridwan Kamil mengikuti jumlah Asmaul Husna.

Pembangunan masjid 99 kubah dikerjakan dalam beberapa tahap.

"Pada tahap awal, pembangunan masjid 99 kubah mendapat anggaran Rp 60 miliar pada APBD 2017. Pemprov Sulsel juga menganggarkan Rp 30 miliar untuk penyelesaian Wisma Negara di kawasan CPI yang tak jauh dengan masjid 99 kubah," katanya.

(baca: Sejarah Masjid Perahu di Tebet dan Al Quran Besar Bersampul Kayu)

Andi menjelaskan, masjid 99 kubah memiliki tiga area yang bisa digunakan jemaah. Ruang shalat dapat menampung 3.880 jemaah, ruang mezzanine dapat menampung 1.005 jemaah, dan pelataran suci dapat menampung 8.190 jemaah.

Kompas TV Tak pelak sebuah inovasi dilakukan demi memenuhi kebutuhan ibadah ini, yakni Masjid Mobile.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com