Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,6 SR di Poso, 3 Orang Luka

Kompas.com - 30/05/2017, 10:16 WIB

POSO, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Poso, Senin malam (29/5/2017) mengakibatkan tiga korban luka ringan.

"Tidak ada korban jiwa, kecuali luka-luka dan para korban beberapa saat setelah kejadian langsung dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng, Bartholomeus Tandigala di Palu, Selasa (30/5/2017).

Ketiga korban yang cidera itu adalah Hj Pakuna (70) warga Desa Alitupu, Kecamatan Lore Utara. Ia mengalami luka di bagian kepala. Lalu Nurmawati (30) warga Desa Alitupu dan Rika (50) asal Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara.

(Baca juga: BNPB: Ini Gempa Poso Terbesar Selama 20 Tahun Terakhir)

Para korban rata-rata mengalami luka di bagian kepala karena tertimpah batubata bangunan rumah tinggal sendiri. Semua korban dievakuasi ke Puskesmas dan setelah mendapatkan pengobatan langsung kembali ke rumah masing-masing.

Gempa tersebut juga mengakibatkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan, bahkan ada rumah tinggal roboh karena guncangan keras.

Rumah yang roboh milik Serka Mustang, anggota Koramil 130/07-01 Poso yang terletak di Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota. Selain itu, tembok pembatas rumah dinas Intel Pelda Mustakim dan Serka Dedy roboh, bangunan tua bekas Kantor BNI Poso rusak dan beberapa rumah dan gereja di Desa Alitupu dan Desa Sedoa juga retak-retak.

(Baca juga: Gempa Poso Sebabkan Jalan Retak dan Mengeluarkan Asap Berbau Belerang)

Hingga Selasa pagi, kerugian akibat gempa yang berlangsung selama satu menit dan dirasakan getarannya hingga Kota Palu ini masih dihitung.

Kompas TV Target mereka, menyelamatkan warga yang terperangkap reruntuhan bangunan, setelah gempa dengan kekuatan 5,4 skala richter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com