Gempa Poso Sebabkan Jalan Retak dan Mengeluarkan Asap Berbau Belerang - Kompas.com

Gempa Poso Sebabkan Jalan Retak dan Mengeluarkan Asap Berbau Belerang

Kontributor Poso Kompas TV, Mansur
Kompas.com - 30/05/2017, 05:27 WIB
KOMPAS.com/Mansur Ratusan pasien dan petugas kesehatan berhamburan keluar dari RSUD Poso saat gempa terjadi di wilayah tersebut, Senin (29/5/2017) malam.

POSO, KOMPAS.comGempa bumi berkekuatan 6,6 SR di Poso, Senin (29/5/2017), menyebabkan sejumlah warga luka-luka saat hendak menyelamatkan diri. Selain itu, gempa membuat jalan retak sepanjang 4 meter dan mengeluarkan asap berbau belerang. 

"Memang banyak kerusakan. Selain bangunan dan jembatan banyak yang retak, kami juga mendapat laporan ada jalan yang retak dan mengeluarkan asap belerang,’’ ungkap Kepala BNPB Poso, Masdian Mentiri kepada Kompas.com, Senin (29/5/2017).

(Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo Guncang Poso, Warga Panik)

Masdian mengatakan, laporan keretakan jalan diperolehnya dari Kapolsek Pamona Timur sesaat setelah terjadi gempa susulan

Akibat retakan jalan disertai kepulan asap berbau belerang tersebut, warga sempat panik dan menjauh dari lokasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Laporan yang kami terima, lokasi retakan tepat berada di depan rumah salah sorang warga. Agar tidak terjadi apa-apa, kami telah mengimbau warga untuk sementara keluar dari rumahnya dan menginap di rumah saudara," tuturnya.

(Baca juga: BNPB: Ini Gempa Poso Terbesar Selama 20 Tahun Terakhir)

 

Selain di Desa Wuasa sebagai pusat gempa, kerusakan sejumlah bangunan dan jembatan terjadi juga di dalam Kota Poso.

Jembatan panjang yang menghubungkan Kelurahan Kasintuwu dan Kelurahan Gebang Rejo Poso Kota juga mengalami keretakan, namun masih bisa dilalui pengendara roda dua dan empat.

Kompas TV Target mereka, menyelamatkan warga yang terperangkap reruntuhan bangunan, setelah gempa dengan kekuatan 5,4 skala richter.

PenulisKontributor Poso Kompas TV, Mansur
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X