Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Pemuda Depresi Naik Tiang Listrik, Aliran Listrik Dipadamkan

Kompas.com - 28/05/2017, 14:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS. com - Seorang pemuda diduga hendak bunuh diri dengan memanjat tiang listrik di Jalan Medang, Sablongan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (28/5/2017). Akibat peristiwa itu aliran listrik di sekitarnya dipadamkan untuk memudahkan proses evakuasi.

Saksi mata, Joko, di lokasi kejadian menceritakan pemuda asal kampung Kiringan itu tiba-tiba sudah berada di atas gedung ruko sebelum kemudian memanjat tiang listrik, sekitar pukul 09.15 WIB. Warga mencoba mencegah dengan meneriaki pemuda itu namun tidak berhasil.

Sampai kemudian sejumlah anggota polisi dan petugas PJU DKPTK Kota Magelang tiba di lokasi. Petugas terpaksa naik menggunakan mobil crane untuk membujuk pemuda itu namun tidak kunjung membuahkan hasil. Pemuda itu bergeming.

Kepala Polsek Magelang Tengah AKP I Gede Suwarti menyebutkan, pemuda itu diketahui bernama Rizqi Galuh Prabowo (19), warga Paten Jurang RT 02 RW 15 Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Menurut dia, pemuda itu naik ke atas gedung lewat tangga di dalam ruko milik Juliananingsih. Pemilik toko itu sudah mencegah Rizqi agar tidak naik ke atas gedung, tapi Rizqi tetap memaksa.

"Saksi (pemilik toko) sudah menghalang-halangi tetapi tidak berhasil, dia tetap masuk ke dalam rumah dan naik ke lantai atas. Lalu  duduk-duduk di sudut atas," kata I Gede Suwarti, Minggu siang.

Pihaknya tiba ke lokasi dan berusaha membujuk Rizqi agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya. Upaya itu juga tidak berhasil hingga akhirnya pihak keluarga datang ke lokasi membujuk Rizqi lagi.

"Pihak keluarganya datang, ada ibu dan kakak kandungnya yang berhasil membujuknya. Rizqi diturunkan dengan selamat dibantu petugas menggunakan mobil crane," ujarnya.

Informasi yang diperoleh dari pihak keluarga, katanya, Rizqi mengalami gangguan kejiwaan sehingga nekat melakukan hal-hal membahayakan.

"Menurut keterangan keluarganya yang bersangkutan mengalami depresi. Setelah dievakuasi dia dibawa ke rumah sakit," sebutnya.

Baca juga: Pria Stres Mengamuk, Tiga Orang Kritis Ditikam Badik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com