Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Pelaku Bom Kampung Melayu Ditangkap di Pasar Baru Bandung

Kompas.com - 26/05/2017, 18:34 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Terduga pelaku peledakan bom di Kampung Melayu berinisial JIS ditangkap di Pasar Baru Bandung pada Kamis (25/5/2017) kemarin. JIS ditangkap bersama istrinya yang berinisial AR.  

"Benar, ditangkap di parkiran Pasar Baru," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus saat ditemui seusai penggeledahan di rumah JIS di Kampung Bongkok, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/5/2017).

(Baca juga: Dokumen Jaringan Teroris Disita dari Rumah Terduga Pelaku Bom Kampung Melayu )

 

Yusri menambahkan, setelah dimintai keterangan, istri JIS dikembalikan ke rumahnya. Sementara JIS masih dimintai keterangan penyelidikan jaringan terorisme serta keterkaitan dengan peledakan bom di Taman Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, beberapa bulan lalu. 

Yusri mengatakan, ada keterkaitan antara JIS dan kejadian ledakan bom di Tamana Arjuna. Sebab, istri JIS merupakan adik dari istri terduga pelaku bom Cicendo bernama Soleh alias Gungun yang ditangkap Densus 88 Antiteror di Gang Bah Pian (Isak Wijaya), Sukahaji, Kota Bandung, Kamis (9/3/2017).

"Apakah ada keterkaitan antara bom Cicendo dan Kampung Melayu ini yang sedang kita dalami," ungkapnya.

(Baca juga: Densus Amankan Suami Istri di Garut Terkait Teror Bom Kampung Melayu)

Diberitakan sebelumnya, sebuah rumah berukuran cukup besar di Kampung Bongkok RT 03 RW 08, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, digeledah Densus 88 bersama Polda Jawa Barat, Jumat (26/5/2017).

Rumah tinggal sekaligus pabrik konveksi tersebut diketahui milik salah satu terduga pelaku teror bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur dengan inisial JIS.  "Ini rumah milik JIS diduga terlibat sebagai pelaku peledakan bom di Kampung Melayu," ucap Yusri.

(Baca juga: Polisi Geledah Rumah di Bandung Terkait Teror Bom Kampung Melayu)

Beberapa barang-barang milik JIS dibawa polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Polisi juga mencari peran dan keterlibatan JIS dalam aksi teror bom di Kampung Melayu.

"Barang bukti yang kita bawa ada laptop dan seperangkat komputer beserta hard disk. Ada juga beberapa handphone, dokumen-dokumen dan barang bukti  lain yang akan didalami Inafis dan Densus," ucapnya.

Yusri menjelaskan, JIS merupakan salah satu tokoh cukup terpandang di Kampung Bongkok. Namun satu tahun ke belakang sikap JIS berubah drastis.  

"Awalnya JIS sering khutbah di masjid, tapi setahun belakangan yang bersangkutan menjadi tertutup," ujarnya.   

Yusri belum mau menjelaskan peran JIS dalam teror bom Kampung Melayu. Menurut dia, hal tersebut perlu pendalaman lebih lanjut termasuk untuk mengetahui jaringan teroris yang diikuti JIS. 

Kompas TV Satu Pelaku Bom Kampung Melayu Seorang Tukang Jahit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com