Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Emil Dardak ketika Disebut Layak Maju ke Pilkada Jatim

Kompas.com - 26/05/2017, 12:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak menyatakan akan lebih fokus membangun Trenggalek daripada memikirkan pencalonan di Pilkada Jatim 2017.

Hal itu disampaikan Emil menjawab pertanyaan seputar kemungkinan dia akan mencalonkan diri di Pilkada Jatim 2017, saat mengunjungi kantor Kompas.com di Jalan Palmerah, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Suami artis Arumi Bachsin itu disebut sebagai figur yang cocok untuk menduduki calon wakil gubernur Jawa Timur karena nama kuat calon gubernur yang beredar saat ini dianggap masih merepresentasikan kalangan Nahdatul Ulama (NU) yang masanya tersebar di kawasan Tapal Kuda dan Madura.

Bahkan, pengamat politik Universitas Airlangga, Hari Fitrianto menilai, Emil bisa jadi "kuda hitam" dalam Pilkada Jatim.

Baca juga: Suami Arumi Bachsin Disebut Bisa Jadi "Kuda Hitam" di Pilgub Jatim

Emil mengatakan, pihaknya saat ini sedang memperjuangan banyak hal untuk Trenggalek. Beberapa di antaranya adalah pembangunan bandara, pelabuhan dan jalur lintas selatan. Untuk jalur lintas selatan, pihaknya sudah berjuang dan berhasil mendapatkan dana Rp 500 miliar.

Menurut Emil, jika perjuangan itu belum tuntas maka dia akan malu kepada masyarakat. Oleh itu, dia mengatakan belum berpikir untuk maju ke Pilkada Jatim 2017.

"Saya ingin coba sesuatu yang besar. Kalau tidak menuntaskan itu, rasanya ada kurang puas, dan juga ada rasa bersalah kepada masyarakat," kata Emil.

Kendati demikian, kata Emil, jika memang ada orang yang mengangapnya pantas jadi calon di Pilkada Jatim, dia ingin kepantasan itu berdasarkan kriteria yang pas untuk menjadi gubernur. Bagi dia, kriteria calon gubernur adalah memiliki kemampuan mengoordinasikan daerah-daerah di Jatim.

Bagi Emil, tugas gubernur adalah menyinergikan seluruh daerah di wilayah yang dipimpinnya. Gubernur dianggap berhasil jika mampu melihat daerah-daerah di wilayahnya bersinergi.

"Kalaupun saya dianggap berpotensi (jadi calon gubernur), semoga dilihat dari kriterianya, yakni punya kemampuan mengoordinasi seluruh daerah," katanya.

Baca juga: Disebut "Kuda Hitam" di Pilkada Jatim, Suami Arumi Bachsin "No Comment"

Kendati demikian, Emil kembali menegaskan untuk saat ini akan tetap fokus menggapai cita-citanya untuk Trenggalek, yakni membangun ekonomi daerahnya lepas landas.

Bagaimana jika ada yang meminang? Emil tetap pada jawabannya bahwa untuk saat ini lebih baik di Trenggalek.

"Dan, saya enggak mau berandai-andai. Lebih baik energi berandai-andai itu dimanfaatkan untuk hal-hal positif," tandas Emil.

Kompas TV Longsor terjadi di ruas jalur utama Ponorogo-Trenggalek di wilayah Kecamatan Sawo, Ponorogo. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com