Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhaimin: Rencana Koalisi PKB dan PDI-P Masih "Bisik-bisik"

Kompas.com - 26/05/2017, 09:40 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengaku sedang menjalin komunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk kemungkinan berkoalisi di Pilkada Jawa Timur.

"Rencana koalisi dengan PDI-P masih tahap bisik-bisik," kata Cak Imin usai menghadiri musyawarah kubro para ulama se-Jawa Timur di Sidoarjo, Kamis (25/5/2017).

Meski PKB bisa mengusung cagub tanpa koalisi karena memiliki 20 kursi di DPRD Jawa Timur, partainya secara prinsip tetap membuka peluang pintu koalisi dengan semua partai.

"Tidak hanya dengan PDI-P, melainkan dengan semua partai di Jawa Timur untuk bersama-sama memenangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di pilkada Jawa Timur 2018," ungkapnya.

(Baca juga: PKB, Holopis Kuntul Baris, dan Pilkada Jawa Timur 2018)

Di mata PKB, lanjut mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi ini, Gus Ipul adalah sosok berpengalaman di dunia politik dan birokrasi. Selain pernah menjadi politisi senayan, Gus Ipul juga dua periode menjabat wakil gubernur Jawa Timur sampai sekarang.

Yang terpenting lagi, menurut dia, Gus Ipul direkomendasi oleh sebagian besar ulama pesantren Nahdatul Ulama di Jawa Timur sehingga bisa menjadi momentum terbaik untuk menyatukan aspirasi warga Jawa Timur di pilkada tahun depan.

(Baca juga: Muhaimin: PKB Segera Deklarasikan Pencalonan Gus Ipul untuk Pilkada Jatim)

Di internal PKB, sebelumnya juga ada nama Abdul Halim Iskandar yang menjabat Ketua DPRD Jawa Timur sekaligus Ketua DPW PKB Jawa Timur. Namun nama kakak kandung Cak Imin itu kurang disetujui ulama dan pengurus DPP PKB.

 

Kompas TV PKB Usung Satu Nama Jadi Cagub Jawa Timur
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com