Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari "Meugang", Harga Daging Capai Rp 180.000 di Aceh Barat

Kompas.com - 25/05/2017, 10:59 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Lapak pedagang daging dadakan di ruas jalan Pasar Bina Usaha Meulaboh Kabupaten Aceh Barat diserbu oleh warga yang ingin merayakan hari meugang. Meugang merupakan tradisi perayaan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan yang khas Aceh.

Harga daging Kamis (25/5/2017) ini melonjak naik hingga mencapai Rp 180 ribu per kilogramnya. “Harga daging hari ini kami jual Rp 180 ribu, tadi pagi sempat Rp 170 ribu tapi sekarang sudah naik lagi,” kata Muchlis, salah satu pedagang daging kepada Kompas.com.

Meski harga daging mengalami kenaikan drastis, namun kata Muchlis minat pembeli terus meningkat karena setiap hari meugang semua warga di Aceh Barat ikut membeli daging untuk merayakan bulan suci Ramadhan.

“Walaupun harganya mahal, pembeli hari ini terus meningkat karena untuk kebutuhan meugang,” katanya. Harga daging pada hari biasa sebelumnya hanya dijual Rp 120 ribu per kilogam.

Apalagi menjalang hari meugang Bupati Aceh Barat telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 524/449/v/2017 yaitu larangan kepada pedagang untuk tidak menjual daging selama dua hari sebelum memasuki meugang. .

“Menyambut hari meugang, di Aceh Barat sejak hari Selasa dan Rabu kemarin pedagang tidak menjual daging, sesuai dengan Surat Edaran Bupati, sehingga hari ini  (saat sudah dibolehkan berdagang daging)  terlihat ramai dan meriah suasana meugang khasnya Aceh, ” kata TM Husein, Kepala UPTD Pasar Meulaboh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com