Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Perayaan HUT Gunungkidul, Mbah Ponco "Diserbu" Penggemarnya

Kompas.com - 24/05/2017, 16:34 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ponco Sutiyem (95), pemeran tokoh "Sri" dalam film Ziarah diundang dalam perayaan HUT Ke-186 Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh rumahnya menuju kantor Pemkab Gunungkidul sekitar 47 kilometer, dirinya harus berangkat sekitar pukul 07.00 WIB atau satu jam sebelum upacara di alun-alun dimulai.

Menggunakan mobil Avanza warna silver jemputan dari pihak Kecamatan Ngawen, dia bersama dua orang anaknya, Sukamti dan Mulyani serta salah satu cucu Mbah Ponco, Risdiyanto.

Baca juga: Berkebaya Hitam Motif Bunga, Mbah Ponco Sutiyem Jadi Tamu Khusus

Duduk di barisan kedua bersama dua putrinya, Mbah Ponco mengaku sudah mempersiapkan diri sejak pukul 04.00 WIB.

Setelah bangun pagi, lalu shalat Subuh, Ponco Sutiyem mengenakan kerudung, baju dan kain jarik terbaiknya. Dia memilih kerudung warna dasar hitam motif warna-warni, baju kebaya warna dasar hitam motif bunga dan jarik warna putih bermotif cokelat.

"Kulo tangi jam 04.00 WIB, gek mangkat jam 07.00 WIB, (Saya bangun jam empat pagi dan berangkat dari rumah jam tujuh)," katanya ditemui seusai upacara, Rabu (23/5/2017).

Mbah Ponco berjalan dengan membungkuk karena faktor usia. Dia dipapah Risdiyanto menapaki tangga masuk alun-alun.

Menempati kursi di antara para camat dan kepala desa, Mbah Ponco duduk di baris paling kanan dan berbatasan langsung dengan panggung utama, yang diduduki bupati dan para pejabat tinggi lainnya.

"Kulo nembe sepindah tumut upacara ten ngalun-alun (Saya baru pertama kali ikut upacara di alun-alun)," ucapnya.

Mbah Ponco tampak antusias menonton hiburan tari-tarian untuk pembukaan peringatan HUT Gunungkidul. Dia sesekali tersenyum saat melihat tarian Tayup.

Duduk berjam-jam mulai sebelum upacara sampai selesai tak membuat semangat Mbah Ponco kendor. Dia tetap duduk tanpa bergeser. "Senang sekali bisa berada di sini," imbuh dia.

Undangan khusus

Bupati Gunungkidul Badingah mengaku mengundang khusus Ponco Sutiyem untuk mengikuti perayaan HUT Ke-186 Kabupaten Gunungkidul. Badingah memberikan undangan langsung ke rumah Ponco Sutiyem di Batusari, Kampung, Ngawen.

"Saya ingin memberikan motivasi kepada masyarakat Gunungkidul untuk mengembangkan potensinya, karena beliau dengan usia 95 tahun bisa berprestasi menjadi nominasi artis terbaik dalam festival film ASEAN," ujarnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menambahkan, dirinya sudah menonton film Ziarah, dan merasa takjub dengan akting Mbah Ponco.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com