Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Jatim: Kiai Sepuh Minta Gus Ipul-Pak Halim Berpasangan...

Kompas.com - 22/05/2017, 14:04 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur menilai, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul dan A Halim Iskandar atau Pak Halim merupakan pasangan ideal untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada 2018 nanti. Apalagi, sejumlah kyai sepuh di Jawa Timur disebut menginginkan adanya duet antara Gus Ipul dan Pak Halim.

"Kiai sepuh minta Gus Ipul-Pak Halim berpasangan. Bagi Gerindra keinginan Kyai-kyai sepuh itu mencerminkan keinginan Nahdliyin (warga NU) di Jawa Timur," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Senin (22/5/2017).

Namun demikian, Anwar belum memastikan apakah partainya akan mengusung pasangan itu. Tetapi menurut dia, keinginan kiai sepuh itu harus diperjuangkan karena kebanyakan kader Gerindra Jawa Timur berasal dari kalangan Nahdliyin.

"Sebagian besar kader dan simptisan Gerindra di Jatim adalah Nahdliyin. Wajib bagi Gerindra untuk memperjuangkan apa yang diinginkan oleh Nahdliyin," katanya.

Selain itu, keinginan para kyai untuk mengusung pasangan itu harus diwadahi. Termasuk dukungan dari sejumlah partai politik untuk mengusung pasangan tersebut.

"Hanya saja, keinginan kiai-kiai sepuh itu mesti diwadahi dalam sebuah mekanisme politik yang cantik," katanya.

Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Sementara A Halim Iskandar merupakan Ketua DPW PKB Jawa Timur.

Baca juga: Soal Pilkada Jatim, Puluhan Kiai Pesantren Kirim Surat ke PKB Jatim

Kompas TV Partai Golkar Bidik Gus Ipul Jadi Cagub Jatim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com