Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Grobogan, 3 Rumah Ludes dan 3 Kambing Mati Terpanggang

Kompas.com - 21/05/2017, 10:30 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Kebakaran hebat melanda Dusun Karangploso, RT 05 RW 05, Desa Kalimaro, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (20/5/2017) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Tiga rumah warga dan satu mushala yang letaknya berdampingan ludes terbakar. Ketiga warga yang rumahnya terbakar masih satu keluarga, yakni Khasan Basri (65), Samai (35) dan Galih (27).

"Tiga ekor kambing mati hangus terpanggang. Termasuk dua unit motor juga ikut ludes terbakar," kata seorang saksi, warga setempat, Subri (45) kepada Kompas.com.

Baca juga: Posko Orang Hilang Korban Kebakaran Kapal Mutiara Dibuka di Pelabuhan Tanjung Perak

Kabag Ops Polres Grobogan, Kompol Parno mengatakan, pusat kobaran api diperkirakan bersumber dari rumah seorang korban.

Sebelum kejadian, pemilik rumah, yakni Galih sedang menggelar hajatan "Sepasaran Bayi". Usai kegiatan tersebut, pada tengah malam, keluarga ini tertidur pulas.

"Namun selang beberapa jam, korban merasakan udara panas di dalam rumah, korban kemudian mengecek ke dapur dan ternyata api sudah membakar bangunan dapur miliknya," terang Parno.

Menyaksikan kobaran api itu, korban langsung bergegas keluar rumah. Saat itu, korban berteriak-teriak meminta pertolongan warga.

"Warga dan polisi berdatangan dan membantu memadamkan secara manual. Sayang api cepat menjalar dan membesar karena dinding-dinding berupa kayu. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," kata Parno.

Baca juga: Kapal Berpenumpang 178 Orang Kebakaran di Perairan Masalembo

"Penyebab kebakaran diduga karena kurang hati-hatinya korban mengontrol api dapur dalam tungku yang telah selesai digunakan untuk keperluan hajatan," pungkas dia.

Kompas TV KM Mutiara Sentosa 1 dikabarkan mengalami kebakaran di perairan Masalembo, Jumat (19/5).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com