Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Afi yang Jadi Admin Grup Pembongkar "Hoax"...

Kompas.com - 20/05/2017, 12:36 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asa Firda Inayah, pemilik akun Facebook Afi Nihaya Faradisa yang viral karena statusnya yang inspiratif, mengaku pernah menjadi salah satu administrator grup pembongkar hoax terbesar di Indonesia.

Pengakuan tersebut pernah dia tulis di status Facebook miliknya pada 29 November 2016.

"Saya ada admin yang paling muda usianya. Ada beberapa admin yang berlatar belakang pekerjaan yang berbeda-beda. Kami tidak pernah bertemu, tetapi selalu berdiskusi di dunia maya lewat chatting," kata Afi Kepada Kompas.com Kamis (18/5/2017).

Terkait keterlibatannya di grup tersebut, Afi mengaku ditawari oleh salah satu administrator dan langsung menerimanya. Ini menjadi pengalaman luar biasa bagi Afi.

"Saya bisa belajar karena di balik isu hoax ada kepentingan besar dan kita ini secara tidak sadar dimanfaatkan oleh kepentingan tersebut," kata dia. 

(Baca juga: Dari Nama Asa Menjadi Afi...)

Sebagai administrator grup, Afi menggunakan akun Facebook yang berbeda. Ia tidak menggunakan akun yang dipakainya sehari-hari.

Hal itu dilakukannya untuk menghindari serangan-serangan dari orang yang tidak menyukai statusnya.

"Ada kawan saya yang ganti akun sampai 13 kali karena ada yang bobol. Jadi saat akun atas nama Afi sempat tidak bisa dibuka saya berusaha tenang walaupun galau juga sih," kata dia sambil tertawa.

Ketertarikan Afi akan menulis sudah terlihat sejak dia masih duduk di bangku SMP. Saat itu, dia menulis di buku harian dan catatan pertama di buku hariannya tertanggal Rabu 14 Mei 2015.

Saat ini, dia masih menyimpan empat buku tebal yang merupakan buku hariannya dan ditulis dengan tangan.

Untuk menulis status-status yang viral di media sosial, Afi hanya memanfaatkan ponsel Android miliknya. Dia mengatakan, jika menulis di laptop atau komputer, idenya justru tidak keluar.

"Saya pakai ponsel yang harganya murah. Dulu beli second 600.000. Sepanjang apa pun statusnya, saya ngetik-nya ya pakai handphone ini," katanya sambil menunjukkan ponsel berwarna hitam miliknya.

(Baca juga: Cerita Ayah Afi Nihaya yang Sempat Khawatir Anaknya Aktif di Medsos)

Sejak statusnya viral di dunia maya, Afi terpaksa menonaktifkan pemberitahuan atau notifikasi pada akunnya.

Maklum, bunyi notifikasi itu sangat mengganggu. Dalam satu jam, bisa ada ratusan pemberitahuan.

"Juga ada ribuan pesan yang belum terbaca karena terlalu banyak. Isinya macam-macam yang mau kenala sampai ancaman. Semua saya baca satu satu kalau pas ada waktu. Kalau yang kira-kira penting ya saya balas. Jadi minta maaf kalau ada yang tidak kebalas. Banyak banget soalnya," tutur Afi.

Kompas TV Simak perbincangan dengan Asa Firda Inayah, penulis di media sosial yang menjadi viral.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com