Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Nama "Alhamdulillah Lanang Anakku"

Kompas.com - 18/05/2017, 16:05 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Nama Alhamdulillah Lanang Anakku (13) bukanlah pemberian orang lain. Nama tersebut murni pemberian M Saleh (47) dan Yuyun Purnamasari (39) untuk anak pertamanya yang lahir pada 5 Mei 2004 lalu.

Kata Saleh, nama tersebut sebagai ungkapan rasa syukur karena Tuhan mengabulkan doa dia dan isterinya yang memang menginginkan anak pertamanya berjenis kelamin laki-laki.

"Nama itu atas kesepakatan saya dengan isteri," kata Saleh ditemui di rumahnya, jalan Kapas Gading Madya III Surabaya, Kamis (18/5/2017).

Beberapa kerabat menilai nama tersebut bagus. Sedangkan beberapa orang lainnya menilai aneh dan tidak wajar.

Bahkan, lanjutnya, ada yang bilang menurut falsafah dan keyakinan adat Jawa, nama itu terlalu berat, sehingga khawatir akan berdampak dalam kehidupan anaknya kelak.

"Ada yang bilang namanya terlalu berat, namun kami yakin tidak akan terjadi apa-apa, karena itu doa," jelasnya.

(Baca juga: Siswa SD Ini Bernama Alhamdulillah Lanang Anakku)

 

Justru Saleh meyakini, rezekinya terus mengalir setelah kelahiran Elak, panggilan Alhamdulillah Lanang Anakku. Usahanya di bidang seni terus berkembang, hingga dia memiliki rumah yang saat ini ditempatinya bersama isteri dan tiga anaknya.

"Pokoknya saya sebut Alhamdulillah saja," terang pria yang kini beralih menekuni jual beli barang antik ini.

Karena nama putranya yang unik itu, dia lebih dikenal di rumah sakit daerah Soewandhi di Surabaya, tempat Elak dilahirkan 13 tahun lalu. Banyak dokter dan perawat yang menanyakan bagaiman kabar Elak, saat dirinya mengantar isterinya melahirkan dua anaknya yang lain.

"Kebetulan dua anak saya yang terakhir juga lahir di sana," terangnya.

(Baca juga: Kisah Nama Unik, dari Andy Go To School hingga Rudy A Good Boy)

 

Nama Alhamdulillah Lanang Anakku menjadi viral di media sosial beberapa hari terakhir. Nama tersebut tercantum di sebuah kartu ujian siswa SDN 6 Rangkah 6 Surabaya. Nama yang sama juga tertulis di akta kelahiran siswa kelas VI SD ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com