Keluarga Bung Karno Akan Diundang dalam Acara Bulan Soekarno di Ende - Kompas.com

Keluarga Bung Karno Akan Diundang dalam Acara Bulan Soekarno di Ende

Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
Kompas.com - 17/05/2017, 07:22 WIB
KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Patung lilin Presiden Soekarno di Madame Tussauds Bangkok, Thailand.

KUPANG, KOMPAS.com - Seluruh keluarga Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno akan diundang dalam kegiatan Soekarno Month ( Bulan Soekarno) yang akan digelar mulai 1 Juni 2017 mendatang di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Selain keluarga Bung Karno, semua menteri dan juga Pak Presiden Jokowi akan diundang, sehingga dalam waktu dekat ini kita akan melakukan koordinasi dengan menteri sekretaris negara di Jakarta,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu kepada Kompas.com, Rabu (17/5/2017) pagi.

Baca juga: Kartini dan Bung Karno

Untuk mempersiapkan dan mematangkan acara itu, lanjut Marius, rencananya hari ini dirinya akan mempresentasikan di depan gubernur NTT dan sejumlah pimpinan Organsasi Perangkat Daerah (OPD) terkait rencana kegiatan Bulan Soekarno dan sejumlah kegiatan bersakala internasional lainnya di NTT.

Menurut Marius, pesan utama yang ingin disampaikan dalam kegiatan Bulan Soekarno ini adalah mengangkat kembali pentingnya keberagaman, toleransi, NKRI yang dulu sudah diperjuangkan dengan air mata dan keringat darah oleh para pendiri bangsa ini. Terutama, Presiden Soekarno yang dulu mendapatkan ide-ide Pancasila di Ende, yang kemudian mengelaborasikannya menjadi ideologi negara, yakni Pancasila.

Marius menjelaskan, saat berada di Ende, yakni tahun 1934-1938, Bung Karno selalu berdikusi dengan para misionaris asal Belanda yang dulu bekerja di Flores, khususnya Ende. Bung Karno juga sering menghabiskan kegiatannya di perpustakaan milik para misionaris itu, sampai kemudian mendapatkan ide Pancasila.

Kegiatan Soekarno Month di Ende akan dimulai dari 1-21 Juni dan ada tiga momen besar dalam kegiatan itu, yakni pada 1 Juni dimulai dengan apel peringatan lahirnya Pancasila. Selanjutnya 6 Juni hari lahirmya Bung Karno dan 21 Juni hari wafatnya Soekarno.

Baca juga: Cerita Laporan Sopir Bung Karno, "Pak, Aki Mobilnya Tidak Ada..."

Selama hampir satu bulan penuh, semua kegiatan OPD Provinsi NTT dan OPD Kabupaten Ende akan dipusatkan di Kabupaten Ende.

“Pesan kita dalam kegiatan itu bahwa generasi kita sekarang mulai dari Sabang sampai Merauke dan dari Sangihe sampai Pulau Rote, itu wajib hukumnya merawat dan mengembangkan nasionalisme serta keberagaman NKRI, yang sudah diperjuangkan dengan susah payah oleh proklamator kita dan para pahlawan kita, sehingga anak-anak bangsa dituntut untuk menjaga itu dan tidak memecah belah bangsa dan tidak menciptakan konflik yang mengarah pada perpecahan,” tutupnya.

Kompas TV Megawati Berziarah ke Makam Bung Karno

PenulisKontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
EditorFarid Assifa
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM