Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Dosen ITB Diduga Bunuh Diri hingga Berkas Rizieq Shihab Dikembalikan ke Polisi

Kompas.com - 17/05/2017, 06:46 WIB

KOMPAS.com - Berdasarkan hasil otopsi, polisi menyimpulkan bahwa Suryo Utomo, dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), yang dilaporkan hilang tewas karena bunuh diri.

Jasadnya ditemukan pada hari Minggu (14/5/2017) di kawasan Waduk Cirata, Cianjur, dengan sejumlah luka. Berita lanjutan dari kasus ini menjadi pilihan pembaca sepanjang hari kemarin. Saat ini, polisi masih bekerja mengusut motif di balik aksi bunuh diri Suryo Utomo.

Selain itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat bicara tentang tudingan bahwa dia telah meninggalkan sejumlah partai pendukungnya saat Pilwalkot dahulu untuk maju menjadi calon Gubernur Jawa Barat.

(Baca juga: Berawal dari Perpustakaan Keluarga, Mata Aksara Sebarkan Virus Membaca)

Tak hanya itu, ada pula laporan bahwa Kejati Jawa Polda Jabar mengembalikan berkas perkara Rizieq Shihab yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penodaan Pancasila dan pencemaran nama baik Presiden ke-1 RI Soekarno ke penyidik Polda Jabar.

Berkas perkara dari penyidik dinilai belum memenuhi kelengkapan formal dan material sehingga statusnya masih P19.

(Baca juga: Cerita Akhir Zaman bagi Penjual Mainan Tradisional)

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Cerita Perjalanan Dosen ITB Suryo Utomo dari Mengantar Sang Ibu hingga Diduga Bunuh Diri

Dok Istimewa Suryo Utomo, dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (ITB) dilaporkan hilang sejak Rabu (10/5/2017).
Kisah perjalanan hidup terakhir Suryo Utomo (31), salah satu dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (ITB), berawal ketika dirinya tiba-tiba menghilang pada Rabu (10 /5/2017).

Sebelum menghilang, Suryo sempat mengantar ibu kandungnya, Ika Rini Astuti, menggunakan mobilnya, Toyota Vios warna silver dengan nomor polisi F 1031 DC ke Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung. Ibunya berencana naik bus tujuan Bogor.

Seusai mengantarkan ibunya, Suryo tidak kunjung kembali kerumah dan hilang kontak. Pihak keluarga pun melaporkan hal itu ke Polrestabes Bandung agar bisa menemukan Suryo.

Polisi menemukan petunjuk. Mobil Toyota Vios warna silver dengan nomor polisi F 1031 DC milik Suryo ditemukan di Jalan Ciranjang, sebelum masuk Cianjur.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Saksi: Dosen ITB Suryo Utomo Sempat Mondar-mandir di Rest Area


2. Polisi Pastikan Kematian Dosen ITB Suryo Utomo karena Bunuh Diri

Tribun Jabar/Gani Kurniawan TANGIS HARU - Istri dosen Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Suryo Utomo sambil menggendong bayinya menangis di depan peti berisi jenazah suaminya seusai disolatkan di Masjid Salman ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Minggu (14/5/2017) malam. Setelah disolatkan teman, kerabat, dan civitas akademika ITB di Mesjid Salman, jenazah bapak satu orang anak ini dimakamkan di TPU Cikutra. Suryo Utomo (30) sebelumnya dinyatakan hilang pada 10 Mei dan akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa oleh anggota Polsek Ciranjang di Waduk Cirata, Kabupaten Cianjur, Sabtu (13/5/2017) sore.
Polres Cianjur memastikan kematian dosen ITB Suryo Utomo (30) karena bunuh diri. Namun mengenai alasan Suryo bunuh diri hingga kini Polres Cianjur masih melakukan penyelidikan.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman saat ditanya mengenai perkembangan hasil otopsi yang dilakukan pihak forensik atas jenazah Suryo Utomo.

"Sudah dipastikan kematian dosen ITB itu karena bunuh diri," ujar Arif, Senin (15/5/2017).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com