Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Lobi UNESCO Jadikan Pencak Silat Warisan Dunia

Kompas.com - 16/05/2017, 16:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi delegasi Indonesia untuk melobi UNESCO agar memasukkan Pencak Silat sebagai warisan dunia tak benda.

Pekan lalu, Ridwan membawa 25 orang pesilat dari Jawa Barat untuk tampil di Paris, Perancis. Hasilnya, sekitar seribuan penonton mengapresiasi seni bela diri asli Indonesia tersebut.

"Alhamdulillah saya mewakili pemerintah Indonesia presentasi memperjuangkan pencak silat di UNESCO Paris di hadapan hampir 1.000 orang untuk meyakinkan pencak silat itu milik Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Emil ini di Balai Kota Bandung, Selasa (16/5/2017).

"Daripada kecolongan diaku oleh negara negara tetangga kita lakukan yang namanya proaktif. Bahwa pencak silat itu berbeda dengan bela diri yang lain," tambahnya.

(Baca juga:  Membawa Pencak Silat ke UNESCO)

Emil mengatakan, baginya, Pencak Silat itu kombinasi dari empat hal. Ada bela dirinya, musik, tarian, dan fesyen.

"Tidak ada bela diri di dunia yang memiliki empat aspek budaya itu dalam satu kegiatan budaya tadi," ungkapnya.

Selain itu, di Perancis, tim Pencak Silat dari Masyarakat Seni Pencak Silat Indonesia (Maspi) juga menggelar workshop untuk mempopulerkan Pencak Silat kepada masyarakat Perancis.

Setelah presentasi, UNESCO akan memproses. Pengumumannya dilakukan antara akhir 2018 atau awal 2019.

"Mereka juga melakukan workshop dengan masyarakat Perancis untuk mempopulerkan. Karena ternyata di sana ada pedepokan silat yang anggotanya orang-orang Perancis," tuturnya.

(Baca juga: Pencak Silat Dinominasikan Jadi Warisan UNESCO)

Emil optimistis, jalinan komunikasi yang intensif serta presentasi yang argumentatif bisa menjadikan Pencak Silat kian dikenal masyarakat internasional.

"Saya sangat optimis karena kunci argumentasinya sangat kuat.  Nanti duta besar kita di UNESCO, Pak Fauzi, juga akan melobi terus menerus. Kelemahan kita dalam melestarikan budaya biasanya di lobi. Jadi saya posisinya di situ bukan sebagai wali kota Bandung tetapi sebagai warga Indonesia yang diminta melobi lah dengan kapasitas," tutupnya. 

Kompas TV Ikatan Pencak Silat Indonesia mempersiapkan atlet yang akan tampil di SEA Games 2017. Sebanyak 26 atlet akan mewakili tim Merah Putih di perhelatan olahraga terakbar se-Asia Tenggara pada Agustus 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com