Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Perkembangan Pembangunan Tol Semarang-Kaliwungu

Kompas.com - 16/05/2017, 12:15 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Proses pembangunan jalan tol di Kota Semarang dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terus dikebut pekerjaannya.

Jalur tersebut sedianya akan digunakan secara fungsional pada arus mudik Lebaran 2017 nanti.

Pantauan Kompas.com pada Selasa (16/5/2017), jalur tol Semarang-Batang seksi 5 Krapyak-Kaliwungu terus dikerjakan. Jalur itu diupayakan dapat digunakan secara fungsional.

Baca juga: Jalan Tol Semarang-Bawen-Salatiga Beroperasi Mulai Maret

Para pekerja proyek terpantau melakukan pekerjaan, mulai dari pengerukan bukit menggunakan alat berat, pengerjaan akses jalan dan jembatan, hingga pengangkutan material tanah.

Jalan yang akan digunakan secara fungsional direncanakan sepanjang 7 kilometer, dari Kaliwungu sampai Ngaliyan. Beberapa jembatan juga tengah dibangun di areal itu, baik untuk akses jalan tol maupun akses jalan untuk masyarakat. Sebagian jalan tol yang difungsikan nantinya berada di bawah kolong jembatan.

"Nanti 7 km, dari Kaliwungu/Mangkang sampai Tambak Aji bisa digunakan secara fungsional," kata pimpinan proyek PT Jasa Marga Semarang-Batang, Eko Benny, Selasa.

Pihaknya selaku kontraktor terus berupaya menyelesaikan paket pekerjaan lantai kerja atau lean concrette. Lantai kerja dibangun dengan tebal 10 sentimeter.

Benny memastikan bahwa jalur itu akan dapat dilewati secara fungsional. Ia juga menjamin, lantai kerja setebal 10 cm akan cukup digunakan untuk menampung kegiatan fungsional.

"Ujung di Ngaliyan tinggal 3 bidang yang belum teratasi, nanti arahnya mau dikonsinyasi," kata dia.

Baca juga: Warga Terdampak Jalan Tol Semarang-Batang Marah atas Putusan MA

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jateng, Bambang Nugroho juga memastikan pembebasan lahan di ujung seksi 5 bisa dilakukan. Hari ini, pemilik tiga bidang dikumpulkan untuk membahas tindak lanjut pembebasan lahan.

"Hari ini dirapatkan, kalau tidak bisa arahnya ke konsinyasi," ujar Bambang.

Kompas TV Proyek Tol Pematang-Batang Dikebut Sebelum Mudik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com