Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebar Buku Gratis, La Nyalla Maju Pilkada Jatim?

Kompas.com - 15/05/2017, 15:33 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekelompok pemuda yang mengatasnakan Netizen La Nyalla menyebarkan ribuan buku tentang kiprah dan pemikiran La Nyalla ke seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Namun penyebar buku membantah jika penyebaran buku terkait momentum politik Pilkada Jawa Timur tahun depan. Satu paket buku yang disebar berukuran kecil berisi empat seri. Masing-masing seri berisi 30 halaman berjudul Teladan Kepemimpinan, Menjaga Arah Bangsa, Melangkah Dari Titik Terendah, dan Saat Keteguhan Berbuah Penzaliman.

Menurut Koordinator Netizen La Nyalla, Rohman Amrullah, buku tersebut sengaja disebar agar publik mengetahui sisi lain dari figur La Nyalla Matalitti.

"La Nyalla selama ini diasosiasikan sebagai figur yang garang, preman, dan sebagainya. Melalui empat judul buku ini, publik akan tahu siapa sebenarnya pak Nyalla," katanya saat peluncuran di Surabaya, Senin (15/5/2017).

Dia membantah bahwa diedarkannya buku itu untuk kepentingan politik La Nyalla menjelang Pilkada Jawa Timur tahun depan. Meski menurut dia, figur seperti La Nyalla sangat cocok menjadi pemimpin di Jawa Timur.

"Buku tersebut menurut kami layak untuk dibaca karena memuat banyak nilai-nilai inspirasi, namun jika itu dimaknai politis, itu sudah di luar wewenang kami," jelasnya.

Dalam salah satu judul buku tersebut, La Nyalla menyinggung dirinya sebagai korban penguasa. Rentetan proses hukum yang menimpanya dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur adalah upaya untuk menjatuhkan dirinya secara pribadi, bukan untuk menjatuhkan institusi Kadin Jatim.

Akhir 2016 lalu, majelis hakim Tipikor Jakarta memvonis bebas La Nyalla. Hakim menyebut La Nyalla Mattalitti tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi seperti dakwaan jaksa. 

Baca juga: Kajati Jatim Berharap Hakim Artidjo Tangani Kasus La Nyalla

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com