Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Gubernur Mengaku Akun Facebook Dibajak soal Aksi untuk Ahok hingga Penyebab Fahri Hamzah Ditolak di Manado

Kompas.com - 15/05/2017, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Kelanjutan berita penolakan terhadap Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Manado, Sulawesi Utara, menjadi pilihan pembaca sepanjang hari kemarin, terutama terkait alasan massa menolak Fahri dan pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa ini.

Respons yang sama juga diberikan pembaca terhadap kabar penemuan jasad di Waduk Cirata di Cianjur. Polisi akhirnya memastikan bahwa jasad itu adalah dosen ITB Suryo Utomo yang dilaporkan hilang sejak 10 Mei 2017.

(Baca juga: Cerita di Balik Seliged, Sepeda Listrik Mirip Harley Davidson dari Jogja)

Selain itu, perkembangan dan sisi lain dari berita pembubaran kegiatan aksi 1.000 lilin untuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok oleh massa beratribut Front Pembela Islam (FPI) di Anjungan Pantai Losari pada Sabtu (13/5/2017) malam juga terus dicari.

Salah satunya, beredarnya foto screencapture dari status Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang mendukung pembubaran aksi penyalaan lilin tersebut. Apa jawaban Syahrul Limpo?

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

 

1. Status Dukung "Gerakan Matikan Lilin untuk Ahok", Gubernur Sebut Akun Facebook Di-"hack"

KOMPAS.com/Sabrina Asril Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo
Status yang tertulis di dinding akun Facebook milik Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menjadi viral di media sosial.

Dalam status itu tertulis bahwa Syahrul mendukung "Gerakan Matikan 1.000 Lilin" yang sebelumnya digelar untuk mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pantai Losari. Namun, aksi itu dibubarkan oleh massa beratribut Front Pembela Islam (FPI).

"Saya Gubernur Sulsel sangat mendukung "Gerakan Matikan 1000 Lilin" demikian bunyi tulisan yang beredar di bawah nama Syahrul Yasin Limpo.

Status itu tercatat ditulis empat jam sebelum aksi digelar, Sabtu (13/5/2017) malam.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Massa Beratribut FPI Bubarkan Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok di Pantai Losari 

2. Kenapa Fahri Hamzah Ditolak di Manado?

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2017).
"Usir Fahri Hamzah, usir, usir..." teriakan itu menggema saat Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menemui massa di luar Ruang VIP Bandara Sam Ratulangi Manado, Sabtu (13/5/2017). Massa meneriakkannya sambil mengacungkan tangan ke atas.

Massa membawa spanduk dan poster yang berisikan berbagai seruan, di antaranya bertuliskan "Usir si mulut busuk Fahri".

Olly lalu mengingatkan massa untuk tetap mempertahankan karakter cinta damai yang selama ini melekat kepada masyarakat Sulawesi Utara.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dijadwalkan menghadiri sejumlah kegiatan di Manado pada hari itu. Dia mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Sabtu pagi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com