Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Karawang, Ridwan Kamil Mengaku Ingin 'Belanja' Masalah, Bukan Jualan Janji

Kompas.com - 14/05/2017, 19:34 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com- Dewan Perwakilan Wilayah Partai Nasdem Jawa Barat kembali melakukan safari politik untuk mempromosikan bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018 yang akan diusung.

Kali ini, Partai Nasdem memperkenalkan jagoannya pada Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang, yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, ke salah satu Desa di pelosok Kabupaten Karawang.

Lokasi yang disambangi Partai Nasdem dan Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil kali ini adalah Desa Pasirukem, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya, Emil mengaku ingin mencari permasalahan di daerah tersebut.

"Saya shooping (belanja) masalah, datang ke sini bukan jualan janji. Ini cara saya, shopping masalah kepada kelompok masyarakat yang ternyata negara masih kurang hadir," kata Ridwan Kamil seusai kegiatan, Minggu, (14/5/2017).

Emil menjelaskan, kedatangannya ke Kabupaten Karawang juga sebagai upaya memperkenalkan diri kepada warga masyarakat melalui ajang turnamen Bola voli bertajuk Saan Mustopa Cup 2017.

Menurut dia, promosi ke masyarakat sebelum Pilkada Jawa Barat 2018 dimulai harus dicicil lantaran Provinsi Jawa Barat terlalu luas.

Baca: Partai Nasdem: Ridwan Kamil Kurang Tenar di Pantura

"Jawa Barat luasnya 27 kota kabupaten. Tidak bisa diselesaikan prosesnya selama 3 bulan seperti Jakarta. Dalam setahun dicicil dari kota ke kota, kabupaten ke kabupaten dengan cara yang sebaik-baiknya mendekati warga atau warga mendekati. Ini contoh Saan Mustopa cup final di mana warganya yang mendekati di sinilah kita menyapa berkenalan mudah-mudahan dengan perkenalan bisa menghasilkan apresiasi," ungkapnya.

Selain itu, alasan lain mengunjungi kawasan pelosok di Karawang lantaran popularitas Emil masih terbilang kecil di pedesaan.

"Menurut survei saya masih 65 persen kenalnya oleh warga pedesaan Pantura, masih lemah. Itulah kenapa saya mengapresiasi undangan pak Saan Mustopa ke sini," ungkapnya.

Baca: Berkunjung ke Belgia, Ridwan Kamil Jual Kota Bandung

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopha menjelaskan, partainya berupaya untuk meningkatkan popularitas Emil terutama di wilayah pedesaan yang masih belum banyak mengenal nama Ridwan Kamil.

"Kita ingin maksimal, kita ingin popularitas kang Emil dalam satu dua bulan kedepan di atas 80 persen. Sementara hari ini baru 65 sampai 70 persen. Sehingga kedepan itu menjadi 80 persen. Karena jika tingkat popularitas naik maka tingkat kesuakaan otomatis pun akan naik," tandasnya.

Kompas TV Kang Emil Minta Restu 150 Raja Maju ke Pilgub Jawa Barat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com