Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Temu Komunitas Terbesar se-Indonesia Resmi Dibuka

Kompas.com - 13/05/2017, 11:59 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran pesta komunitas terbesar se-Indonesia kini resmi dibuka. Ajang bertajuk Indonesia Commmunity Day (ICD) 2017 ini diselenggarakan di Plaza Pasar Ngasem, Yogyakarta, Sabtu (13/5/2017).

CEO Media Kompas Gramedia Andy Budiman mengatakan, Yogyakarta dipilih menjadi tuan rumah pertama ICD adalah karena letak geografisnya yang sangat strategis. Kota ini berada di tengah-tengah wilayah Indonesia sehingga komunitas dari timur dan barat Indonesia punya kesempatan yang semakin besar untuk bergabung.

"Selain itu, Yogya merupakan kota yang memiliki pertumbuhan komunitas cukup aktif dan konsisten. Serta menyebarkan inspirasi melalui beragam aksi positif," kata Andy dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini, Sabtu siang.

Indonesia Community Day yang diinisiasi oleh Kompasiana dan Tribun Jogja ini mengangkat tema "Inspiraksi". Melalui tema ini, komunitas dan masyarakat diharapkan mendapat suguhan positif dan inspiratif dari sekitar 27 komunitas yang hadir di sini.

Dalam acara ini, turut hadir pula Kepala Bidang Layanan Teknologi dan Manajemen Informatika Dinas Komunikasi dan Informasi DIY Roni Primanto.

Menurut Roni, komunitas di Indonesia berkembang sangat pesat, bahkan mencapai ribuan jumlahnya. Komunitas-komunitas ini terbentuk dari individu yang memiliki kegemaran, minat dan tujuan yang sama.

"Dalam komunitas bisa didapatkan banyak hal baru, ilmu baru dan inspirasi. Saya mendukung sepenuhnya acara ini. Kegiatan ini bisa menjadi sarana diskusi, bertukar ide, sekaligus menambah wawasan dan inspirasi," kata Roni.

Indonesia Community Day ini tidak hanya akan berhenti di Yogyakarta. Kegiatan kumpul komunitas ini akan mampir di banyak kota di Indonesia. Sehingga, aksi dan inspirasinya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Dalam acara ini akan ada serangkaian kegiatan workshop, talkshow, sharing session hingga hiburan. Pada akhir acara juga akan ada pemberian penghargaan bagi dua komunitas yang menginspirasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com