Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Polisi Wanita Bergelut di Ladang Ganja

Kompas.com - 11/05/2017, 22:38 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Polres Aceh Utara melibatkan polisi wanita dalam pemusnahan hutan yang ditanami ganja di Dusun Lhok Drien, Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (11/5/2017). Sebanyak delapan polisi wanita di Polres Aceh Utara ikut dalam operasi kali ini.

Para polisi wanita ini tidak kalah gesit dengan polisi pria dan personel TNI yang bergabung dalam pemusnahan kebun ganja itu.

Dua polisi wanita Nova dan Della misalnya terlihat agresif mencabut batang ganja. Mereka menumpukan tanaman ganja tersebut, lalu dibakar.

Baca: Fidelis yang Merawat Istri dengan Ganja Jalani Sidang Perdana

Sebagian batang ganja itu bahkan mencapai dua meter. Artinya lebih tinggi pohon ganja di banding polisi wanita itu. Meski begitu, mereka terlihat cekatan mencabut batang ganja.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Untung Sangaji, menyebutkan pemusnahan ladang ganja itu dimulai sejak kemarin. Tidak mudah menuju lokasi pemusnahan batang ganja.

"Ini luasnya tiga hekatre hutan ganja, sebelumnya delapan hektare. Totalnya berarti 11 hektare ladang ganja sudah kita temukan," kata pria yang namanya mencuat saat menembak mati teroris di Jalan Thamrin, Sarinah, Jakarta Pusat tahun lalu itu.

Penemuan ladang ganja ini berawal dari tertangkapnya dua orang kurir pembawa ganja di lintas nasional Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Teupin Punti, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara.

Keduanya berinisial MB (17) dan MS (18) warga Desa Uteun Punti, Kecamatan Sawang, Aceh Utara.

Untung menyebutkan, sebagian batang ganja dibawa ke Mapolres Aceh Utara untuk barang bukti. Selebihnya, dimusnahkan dengan cara dibakar.

Baca: TNI-Polri Musnahkan 2 Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Nagan Raya

Selain memusnahkan ladang ganja, polisi juga sudah menyisir kawasan hutan di pedalaman Aceh Utara itu untuk memastikan tidak ada ladang ganja lainnya.

“Sudah kita sisir kawasan hutan itu, tidak kita temukan ladang ganja lainnya. Kami imbau warga Aceh Utara untuk sama-sama dengan aparat kepolisian memusnahkan ladang ganja, memberi tahu polisi jika ada gerakan pengedar narkoba dan sama-sama kita perang lawan narkoba,” pungkas Untung.

Kompas TV Polisi Temukan 8 Hektar Ladang Ganja di Aceh Utara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com