Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Ditangkap, Ki Gendeng Pamungkas Sempat Beri Pesan kepada Tetangganya

Kompas.com - 10/05/2017, 16:19 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Suasana kediaman rumah Ki Gendeng Pamungkas di Perumahan Bogor Baru, Blok D IV, No 45 RT 07 RW 01, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, tampak sepi pasca-penangkapan terhadap dirinya, Rabu (10/5/2017).

Dari pantauan Kompas.com, rumah berlantai dua itu terlihat sepi dari luar. Hanya ada satu mobil persis terparkir tepat di depan rumahnya.

Baca juga: Ki Gendeng Pamungkas Ditangkap karena Video Rasis

Menurut salah satu petugas keamanan setempat, Suryana (50), penangkapan Ki Gendeng oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terjadi pada Selasa (9/5/2017) sekitar pukul 23.00 WIB.

Suryana menyebut, ada sekitar enam mobil polisi yang mendatangi kediaman Ki Gendeng. Mereka pun terlihat membawa senjata laras panjang. Selang beberapa saat, petugas polisi pun pergi.

"Enggak kelihatan jelas Ki Gendeng dibawa dimasukin ke dalam mobil atau tidak. Soalnya kondisinya gelap," ucap Suryana, Rabu (10/5/2017).

Suryana menceritakan, sehari sebelum penangkapan itu terjadi, ia sempat diberi sembako oleh Ki Gendeng. Selain itu, Ki Gendeng juga memberi pesan namun tidak bisa dimengerti.

"Dia bilang, kalau nanti ada orang datang ke rumah, biarin aja. Terserah mereka mau ngapain. Dia ngomongnya serius gitu. Saya sih iya-iya aja. Mungkin sebelumnya sudah tahu mau terjadi (penangkapan)," tutur dia.

Sebelumnya, Ki Gendeng Pamungkas ditangkap Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di kediamannya pada Selasa malam.

Ki Gendeng disangka telah melakukan perbuatan menyebarkan ujaran kebencian antaretnis dan golongan. Ia juga diduga melakukan ajakan kepada masyarakat dengan secara sengaja menyebarkan atribut antietnis Tiongkok.

Dari lokasi penangkapan, polisi mengamankan barang bukti, yakni satu alat perekam video yang digunakan tersangka untuk merekam aktivitasnya, jaket bertuliskan "Fight Against Cina", 67 lembar kaus bertuliskan anti-China, puluhan stiker, dan badge bertuliskan anti-China, 4 buat senjata tajam, dan 2 buah senjata jenis airsoft gun.

Baca juga: Puluhan Pakaian Bermuatan SARA Disita dari Rumah Ki Gendeng Pamungkas

Ki Gendeng Pamungkas dijerat dengan Pasal 4 huruf b jo Pasal 16 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 156 KUHP dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

Kompas TV Berunsur SARA, Polisi Tangkap 1 Tersangka di Video Ini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com