Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Jalan Tol di Kendal Belum Bisa Dilewati

Kompas.com - 09/05/2017, 18:54 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Manager Pengendalian Lahan PT Jasa Marga Batang-Semarang, Hadi Susanto, mengatakan, jalan tol Batang-Semarang yang melewati Kendal belum bisa dilewati pada mudik Lebaran mendatang. Pasalnya, hingga kini pembebasan lahan jalan tol di Kendal belum selesai.

“Kalau jalan tol Batang hingga Weleri, Lebaran nanti bisa dilewati,” kata Hadi, Selasa (9/5/2017).

Hadi mengatakan, tol Batang hingga Weleri Kendal, pada arus mudik/balik Lebaran hanya dibuka satu jalur. H-7 Lebaran dibuka untuk jalur yang dari Jakarta, sedangkan  H+7 untuk yang dari Semarang.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen jalan tol Batang-Semarang, Tendy Haryanto, menambahkan, saat ini lahan tol di Kendal yang sudah dibebaskan mencapai 82 persen.

Baca juga: Rumah Bos Warteg Ini Bakal Ada di Tengah Jalan Tol Pejagan-Pemalang

Ia menargetkan, pembebasan tanah untuk jalan tol di Kendal, akhir bulan ini sudah 100 persen.

“Saya tidak bisa memastikan, tapi Insya Allah Lebaran nanti tol Batang-Semarang sudah bisa dilewati,” kata Tendy.

Tendy mengakui, beberapa warga di Kendal yang tanahnya terkena proyek jalan tol belum menerima ganti rugi. Sebab mereka menilai, ganti rugi terlalu rendah .

“Ada beberapa warga pemilik tanah dari 13 desa yang masih proses di pengadilan, terkait dengan harga ganti untung. Tapi kalau sudah selesai dan mereka tidak mau terima putusan, terpaksa akan saya eksekusi,” ucapnya.

Secara terpisah, anggota DPR RI asal Kaliwungu Kendal, Alamudin Dimyati Rois, meminta warga pemilik tanah yang terkena proyek jalan tol, agar mundur selangkah. Demikian juga dengan pemerintah. Sehingga ada solusi yang tepat, terkait belum adanya kesepakatan harga ganti rugi.

“Jangan diselesaikan di Pengadilan. Nanti semuanya rugi, sebab memakan waktu dan pikiran,” kata lelaki, yang biasa disapa Gus Alam.

Gus Alam, berharap tol Batang- Semarang,lebaran nanti bisa dilewati untuk menghindari kemacetan di jalan pantura. 

Baca juga: Hari Ini, 329 Personel Amankan Eksekusi Lahan Jalan Tol di Kendal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com