Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kronologi Bentrokan Suporter dengan Polisi di Gunungkidul

Kompas.com - 08/05/2017, 13:49 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resort Gunungkidul, Yogyakarta mengamankan 23 orang yang terlibat bentrok dengan polisi di Bunderan Siyono, Playen, Gunungkidul, Minggu (7/5/2017) malam. Polisi memburu aktor utama pembakaran KLX 250 cc milik pihak kepolisian. 

Kapolres Gunungkidul AKBP Muhammad Arif Sugiayarto menyampaikan kronologi bentrokan antara suporter yang diduga berasal dari salah satu tim sepak bola di Yogyakarta dengan pihak kepolisian.

Menurut dia, peristiwa itu bermula dari adanya informasi mengenai adanya kemungkinan bentrok antar suporter seusai pertandingan antara Persis Solo dengan Persiba Bantul di Stadiun Sultan Agung.

"Kita antisipasi karena kemungkinan akan ada rencana bentrok antar suporter. Karena seusai menyaksikan pertandingan suporter asal Solo dialihkan melalui Panggang untuk kembali ke Solo," katanya di Mapolres Gunungkidul Senin (8/5/2017).

Pihak kepolisian melakukan pencegatan di seputar bundaran Siono, Playen. Namun massa yang berjumlah sekitar 500 orang itu, menolak  pencegatan tersebut.

"Akhirnya terjadilah insiden bentrokan. Kita tangkap 23 orang sebagian besar bukan berasal dari Gunungkidul, tetapi berasal dari Bantul, Sleman, bahkan Kulonprogo," bebernya.

Arif mengatakan, akibat bentrokan dua polisi terluka, dan satu kendaraan jenis KLX rusak karena dibakar massa. Pun pihaknya sudah mengantongi nama-nama yang diduga terlibat pembakaran tersebut.

"Kita tahu siapa yang menggerakkan, siapa yang turut dalam kerusuhan, termausk yang membakar sepeda motor polisi dan melukai petugas. Mereka masuk dalam DPO kami, dan tengah kita cari untuk ditindak tegas," ucapnya.

Dari tangan para pelaku polisi menyita 7 kendaraan sepeda motor, 22 kayu, enam tongkat besi, satu rantai motor, satu tali motor, hingga bom molotov. Hingga kini pihaknya, terus melakukan pemeriksaan terhadap suporter yang tertangkap.

"Saat ini masih kita periksa untuk mengetahui peran masing-masing," sebut dia.

Baca juga: Suporter Sepak Bola dan Polisi Bentrok di Gunungkidul, 1 Motor Dibakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com