Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Jalanan di Kediri Berunjuk Rasa Minta Akses Pendidikan

Kompas.com - 02/05/2017, 20:16 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com- Sekelompok anak jalanan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar aksi teatrikal sebagai bagian dari unjuk rasa penyikapan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2017).

Aksi teatrikal itu bermuatan kritik kepada pemerintah yang dianggap abai terhadap keberadaan anak jalanan. "Terutama dalam hal pendidikan," ujar Viki Adrian (16), salah satu peserta aksi teatrikal yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pendidikan setempat, Selasa.

Menurutnya, banyak rekan-rekannya yang mengalami putus sekolah karena ketiadaan biaya. Begitu juga dengannya. Orangtuanya tidak sanggup menyekolahkanya hingga akhirnya dia memilih hidup sebagai anak jalanan.

Viki atau juga kerap dipanggil Wawa ini mengaku hanya mampu mengenyam pendidikan tingkat dasar. Keinginannya untuk melanjutkan sekolah ke tingkat menengah kandas."Sudah lima tahun saya jadi anak punk," ungkapnya.

(Baca juga: Ganjar Pindahkan Peringatan Hardiknas ke Sekolah Rusak di Grobogan)

Dia berharap, pemerintah memberikan perhatian lebih kepada mereka yang mempunyai nasib sama dengannya. Aksi itu sendiri merupakan aksi gabungan dari beberapa elemen lembaga swadaya masyarakat dan mahasiswa.

Mereka adalah kelompok pergerakan yang menamakan dirinya Kediri Bergerak. Dalam momentum Hardiknas ini mereka mengingatkan bahaya kapitalisme pendidikan yang mengancam sendi kehidupan bernegara terutama aspek keadilan sosial.

Aksi itu juga dilakukan di beberapa tempat lain yang dianggap berkorelasi langsung dengan pemangku kebijakan pendidikan, yaitu kantor pemerintahan. 

Kompas TV 58 tahun sudah Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Sekelompok anak jalanan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar aksi teatrikal sebagai bagian dari unjuk rasa penyikapan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com