Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkumham Resmikan Lapas Terbuka Kendal Menjadi Lapas Produktif

Kompas.com - 29/04/2017, 19:53 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meresmikan Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Kendal, Jawa Tengah, menjadi lapas produktif, Sabtu (29/4/2017).

Lapas tersebut menggiatkan pembinaan kemandirian bagi warga binaan melalui kegiatan perikanan, peternakan, pertanian, dan perkebunan.

Menurut Yasonna, sekarang ini lapas tidak hanya menjadi tempat pembinaan narapidana secara konvensional, tetapi juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mendorong dihasilkannya produk-produk berkualitas.

Oleh karena tiu, kegiatan produktif di lapas bisa menjadi penunjang bagi pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan.

Peresmian ini untuk menyegerakan pelaksanaan kegiatan industri dalam lapas dengan memberikan keterampilan kepada warga binaan dengan menyesuaikan kondisi geografis masing-masing daerahnya.

"Semua warga binaan mempunyai potensi yang bisa dibina. Tinggal bagaimana kita melakukannya," kata Yasonna.

Dengan peresmian Lapas Terbuka Kendal sebagai lapas produktif, Yasona mendorong Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah agar menggandeng pihak swasta untuk turut memberdayakan lahan yang ada.

"Sebelumnya telah diresmikan 10 lapas produktif wilayah Jawa Barat yang dipusatkan di Lapas Kelas III Watungkiara, awal Februari lalu," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Menkumham telah mengurangi tugasnya dalam keterampilan kepada warganya di lapas. Ia berharap agar warga binaan lapas bisa menjadi masyarakat terampil dan siap bekerja pada saat bebas nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com