Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan RB: Bayangan Saya Pakpak Bharat Tidak Jauh, Rupanya...

Kompas.com - 27/04/2017, 22:58 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur tidak menyangka kalau Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, jaraknya 200 kilometer dari Kota Medan.

Dengan menggunakan helikopter, awalnya Abnur mengira perjalanan hanya hitungan menit, seperti pada kunjungan-kunjungan kerjanya di daerah lain.

"Ini perjalanan bersejarah saya ke Sumut, perjalanannya mendebarkan. Saya tidak pernah seberdebar ini naik heli, baru tadi, beneran. Syukurnya saya didampingi gubernur," kata Abnur yang datang untuk meresmikan aplikasi e-Government di Salak, Pakpak Bharat, Kamis (28/4/2017).

Abnur menceritakan, Pakpak Bharat letaknya terpencil dari Kota Medan dengan kondisi geografis berkontur perbukitan di kelilingi hutan. Jadwal pesawatnya dari Jakarta ke Medan mengalami keterlambatan akibat kerusakan mesin.

Hal yang sama juga dialami Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi seusai menghadiri acara Musrenbang Nasional di Jakarta pada Rabu (26/4/2017).

"Pak Erry sengaja mengejar pesawat pagi untuk menyambut saya di Kuala Namu, namun mengalami keterlambatan sampai dua kali ganti pesawat. Harusnya Pak Erry sampai duluan, tapi delay dua jam. Pesawat sudah maju disuruh mundur karena rem tidak berfungsi," ucapnya.

Akibat kendala tersebut, dirinya dan Erry akhirnya bersamaan menuju Medan dengan menumpangi pesawat yang ketiga. Tiba di Bandara Kuala Namu sekitar pukul 15.00 WIB, cuaca sudah mendung.

Gubernur bilang mereka akan menggunakan helikopter ke Pakpak Bharat dengan jarak tempuh 1 jam 45 menit.

"Bayangan saya Pakpak Bharat tidak jauh. Saya sering naik heli, yang terlama baru ini, 1 jam 45 menit. Saya agak berdebar, tapi karena niatnya tulus mau majukan Indonesia, pasti banyak yang mendoakan. Perjuangan Pak Gubernur ini layak dicatat masyarakat Pakpak Bharat," bebernya.

Dalam sambutannya, Abnur mengatakan, Pakpak Bharat membuktikan bahwa inovasi tidak harus lahir dari Jakarta, atau dari kota-kota besar. "Pakpak Bharat membuktikan inovasi bisa lahir dari daerah terpencil," tegas Abnur.

 

Abnur yang baru sembilan bulan menjabat MenPAN RB mengaku sudah mengunjungi 22 provinsi dalam tugasnya. Menurutnya, tidak semua gubernur yang dikunjunginya punya komitmen. Sedangkan Gubernur Erry punya komitmen membangun daerahnya.

Erry membalas sanjungan Abnur dengan berpantun. "Dari Medan naik heli, angin kencang awan menepi, walau harap-harap cemas di dalam hati, rupanya selamat juga sampai kemari," ucapnya diiringi tepuk tangan riuh dari peserta yang hadir di acara tersebut. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com