Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetapkan Haryadi Suyuti sebagai Wali Kota Yogyakarta

Kompas.com - 27/04/2017, 19:32 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, menetapkan pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi sebagai calon terpilih wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta periode 2017-2022.

Penetapan ini disampaikan melalui rapat pleno terbuka pada Kamis (27/04/2017) di kantor KPU Kota Yogyakarta.

Rapat pleno terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto, digelar usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan pasangan Imam Priyono dan Achmad Fadhli.

Turut hadir dalam rapat pleno terbuka pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi serta Imam Priyono dan Achmad Fadhli.

"Usai keputusan MK, KPU hari ini mengelar rapat pleno terbuka. Hasilnya nanti akan dikirimkan, mengenai kapan pelantikannya bukan kami," ujar Ketua KPU Yogyakarta Wawan Budiyanto, Kamis (27/04/2017).

Ia menyebutkan, KPU mengapresiasi kehadiran kedua pasangan dalam rapat pleno terbuka. Kehadiran kedua pasangan menunjukan bahwa telah menerima dengan Legowo keputusan dan menunjukan kedewasaan dalam berdemokrasi.

Rapat pleno terbuka, berlangsung dengan cair. Bahkan usai pembacaan penetapan, kedua pasangan calon saling bersalaman satu sama lain dan berpelukan. Keduanya juga menyatakan akan tetap menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan tujuan memajukan kota Yogyakarta.

Imam Priyono menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi sebagai calon terpilih menjadi Walikota dan wakil walikota periode 2017-2022.

"Saya pasangan urut 1 atas nama pribadi maupun partai pengusung mengucapkan selamat kepada Bapak Haryadi Suyuti dan Heri Purwadi," ucap Imam di dalam rapat pleno terbuka.

Imam, juga meminta meminta kepada pendukungnya untuk menerima serta menghormati hasil Pilkada Kota Yogyakarta 2017. Apa yang terjadi selama masa kampanye lanjutnya merupakan bagian dari dinamika berdemokrasi.

Imam mengajak seluruh masyarakat bersatu, bersama-sama membangun kota Yogyakarta lebih maju.

"Saya meminta maaf bila dalam masa kampanye terbuka ada yang tidak pas di masyarakat. Saya dan Fadhli akan terus menjalin silahturahmi dan semoga kota Yogyakarta semakin maju dibawah kepemimpinan bapak Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi," tuturnya.

Sementara itu, Haryadi Suyuti menyampaikan permintaan maaf sekaligus berterima kasih kepada masyarakat Yogyakarta. Haryadi mengajak semua komponen masyarakat bersatu dan membangun harmoni demi membawa Yogyakarta lebih baik.

"Kami meminta doa restu, silaturahmi ini mari kita jaga bersama. Saya juga akan mendengarkan yang menjadi harapan masyarakat Yogyakarta," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com